Gelar Salat Id di 2 Lokasi, Ini Pesan Walkot Tangsel ke Warga

Idul Adha momen tingkatkan solidaritas

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar salat Iduladha di dua titik lokasi.

Lokasi pertama pelaksanaan salat di Masjid Islamic Center Baiturahmi dihadiri Wali Kota Benyamin Davnie. Lokasi kedua yaitu di Masjid Al-Ithishom Puspemkot Tangsel yang dihadiri Wakil Wali Kota, Pilar Saga Ichsan. Minggu (10/7/2022).

Baca Juga: Senangnya Warga Kota Serang Bisa Salat Idul Adha Lagi di Alun-alun  

1. Pelaksanaan di Tangsel ikuti aturan Kemenag

Gelar Salat Id di 2 Lokasi, Ini Pesan Walkot Tangsel ke WargaDok. Pemkot Tangsel

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, pelaksanaan salat dan ibadah kurban di Tangsel mengikuti panduan telah dikeluarkan oleh Kementerian Agama.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman dalam pelaksanaan salat Iduladha yang memperhatikan protokol kesehatan. Serta, ibadah kurban dengan memperhatikan kesehatan hewan kurban itu sendiri.

"Panduan berkurban untuk memberikan rasa aman kepada umat Islam dalam penyelenggaraan salat Iduladha dan pelaksanaan kurban di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (10/7/2022).

2. Benyamin minta semua warga tingkatkan rasa empati

Gelar Salat Id di 2 Lokasi, Ini Pesan Walkot Tangsel ke WargaDok. Pemkot Tangsel

Pada tahun ini, Pemkot Tangsel bersama unsur terkait melaksanakan penyembelihan hewan kurban sejumlah 77 ekor. Dengan rincian 40 ekor sapi dan 37 ekor kambing.

"Kami berharap ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang membutuhkan," kata Benyamin.

Dia menyampaikan rasa syukur pelaksanaan ibadah haji tahun ini dapat terlaksana. Setelah dua tahun, pelaksanaan ibadah haji tidak bisa dilakukan karena pandemi COVID-19.

"Mari kita mendoakan semoga para jamaah calon haji yang mendapatkan kesempatan berangkat ke tanah suci dapat melaksanakan ibadahnya dengan khusyuk dan dilancarkan segala sesuatunya, sehingga dapat berkumpul kembali bersama keluarga dan menjadi haji yang mabrur," ucap Benyamin.

Lebih lanjut, kata Benyamin, Iduladha harus menjadi momentum untuk kita semua. Bagaimana, memiliki rasa keikhlasan serta meningkatkan ketaqwaan kepada pencipta dan kepedulian sosial terhadap sesama.

"Mari kita tingkatkan rasa empati dan kepedulian kepada sesama. Telah menanti pahala yang besar dari Allah bagi kita semua yang telah menyisihkan apa yang kita miliki untuk kebaikan dan berbagi kepada sesama," kata Benyamin.

3. Iduladha dimaknai sebagai solidaritas bagi sesama

Gelar Salat Id di 2 Lokasi, Ini Pesan Walkot Tangsel ke WargaDok. Pemkot Tangsel

Di Masjid Al-Ithisom, Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan menyampaikan, perayaan Iduladha harus dimaknai sebagai pendekatan diri kita kepada Allah. Serta wujud solidaritas hubungan antar manusia.

"Alangkah baiknya, Iduladha dimaknai dengan berbagi kepada sesama. Membagikan daging hasil kurban kepada orang-orang sekitar, terlebih bagi mereka yang tidak mampu. Sehingga setiap individu dapat merasakan kebahagiaan yang sama," ujar Pilar.

Terakhir, dia berharap dengan kepedulian sosial yang tinggi akan mengarahkan bagi kita semua untuk menjadi insan yang lebih bertaqwa dan menjadi individu yang lebih baik lagi. Sehingga, Kota Tangerang Selatan menjadi tempat dan rumah bersama untuk seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

"Semoga kepedulian kita, jadi upaya untuk mewujudkan Tangerang Selatan sebagai tempat tinggal bersama yang memberikan kebersamaan, keberkahan, kemakmuran dan keadilan bagi kita semua," kata dia.

Baca Juga: Pj Gubernur Banten Sembelih Sendiri Sapi Sultan Pemberian Jokowi

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya