Hadapi Inflasi, Arief Minta Anak di Kota Tangerang Belajar Berkebun

Urban farming jadi salah satu strategi Pemkot Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah meminta berbagai pihak di Kota Tangerang, tak terkecuali anak-anak, bisa mengantisipasi dampak inflasi melalui program-program yang inovatif.

Arief mengatakan, harus ada rumusan strategi apa yang bisa mengendalikan inflasi, mendorong ekonomi sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan. Salah satu upayanya mengajak anak untuk berkebun.

"Jangan hanya KWT (Kelompok Wanita Tani) saja, anak-anak di sekolah dilibatkan, ajak mereka belajar berkebun tanaman - tanaman cepat panen, misal menanam cabai, tomat dan lainnya," kata Arief pada Kamis (1/9/2022).

1. UMKM jadi penahan di kala perang Rusia vs Ukraina

Hadapi Inflasi, Arief Minta Anak di Kota Tangerang Belajar BerkebunOrang-orang menghadiri upacara penghormatan kepada para pembela Ukraina yang gugur, termasuk tentara yang tewas dalam pertempuran dengan pemberontak pro-Rusia di bandara Donetsk hari ini pada tahun 2015, di sebuah peringatan di dekat markas besar Kementerian Pertahanan di Kyiv, Ukraina, Kamis (20/1/2022). (ANTARA FOTO/Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS.)

Arief menyampaikan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam menggerakkan perekonomian masyarakat--terutama di tengah ancaman resesi global sebagai dampak perang Rusia-Ukraina dan juga pandemik COVID-19.

"Kecamatan terus lakukan pembinaan UMKM, UMKM itu tulang punggung ekonomi nasional termasuk di daerah," kata Arief.

2. Pemkot Tangerang juga akan gencarkan urban farming

Hadapi Inflasi, Arief Minta Anak di Kota Tangerang Belajar Berkebunpixabay.com/id/marsraw

Selain itu, Arief juga meminta program urban farming agar diperluas tidak hanya di tingkat KWT, tapi juga keseluruh lapisan masyarakat termasuk di sekolah-sekolah.

Karena menurut Arief, berdasarkan data BPS penyumbang inflasi terbesar adalah dari konsumsi energi dan konsumsi makanan seperti cabe merah dan bawang merah.

3. Inflasi di Kota Tangerang sudah 4,5 persen

Hadapi Inflasi, Arief Minta Anak di Kota Tangerang Belajar BerkebunIlustrasi Inflasi. IDN Times/Arief Rahmat

Arief menyebut, menurut Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah. Indonesia tengah dihadapkan pada tantangan inflasi seiring dengan tekanan inflasi global.

“Meskipun inflasi di Kota Tangerang masih dibawah inflasi nasional, namun kita harus tetap waspada,” kata Arief.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi di Kota Tangerang sebesar 4,5 persen, sementara inflasi nasional sebesar 4,9 persen.

Berdasarkan data BPS juga disebutkan pada Juli 2022 Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK)di Kota Tangerang sebesar 0,21 persen terendah dibanding Kota Serang dan Cilegon yang menjadi lokus survey dari BPS.

Baca Juga: Waspada Cacar Monyet, Dinkes Minta RS di Kota Tangerang Bersiap

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya