Hanya Ada 1 Penjaga di Blok C2 Lapas Tangerang di Malam Nahas Itu

Para napi tewas terperangkap dalam sel yang terkunci

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Lapas Kelas IA Tangerang Victor Teguh Prihartono menyebut, hanya ada satu petugas jaga di Blok C2 berisi 122 warga binaan, yang terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari.

"Satu blok satu orang. (Malam itu) satu orang (jaga) blok C2," kata Victor, di RSUD Tangerang, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Ribuan Napi Lapas Kelas I Tangerang Jalani Trauma Healing 

1. Ada 122 napi yang menghuni Blok C2

Hanya Ada 1 Penjaga di Blok C2 Lapas Tangerang di Malam Nahas ItuKantong jenazah korban kebakaran Lapas Klas 1 Tangerang di RSUD Kabupaten Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). (dok. IDN Times/Istimewa)

Viktor merinci, ada 122 orang warga binaan dalam satu struktur bangunan berupa paviliun itu.

"Jumlah dalam blok itu ada 122, satu kamar ada 3, ada 5 orang, ada 2 orang. Yang banyak itu ada lingkungan (aula), jumlah 122 itu adalah dalam satu paviliun blok C2," kata Victor.

Baca Juga: 7 Potret Penampakan Blok C2 Lapas Tangerang yang Terbakar

2. Mereka yang tewas merupakan warga binaan yang terkunci di dalam sel penjara

Hanya Ada 1 Penjaga di Blok C2 Lapas Tangerang di Malam Nahas ItuPetugas Pemadam Kebakaran Melakukan Pemadaman Saat Lapas Tangerang Terbakar pada Rabu (8/9/2021). (twitter.com/RANGERmounts)

Kalau dilihat dari denah, kata Victor, lokasi kebakaran itu ada di tengah-tengah. "Kemudian mereka ada di dalam lagi kamar-kamar yang terkunci itulah struktur bangunan lapas kelas I Tangerang," kata dia.

3. Ada perkelahian 2 kelompok di Lapas Tangerang sebelum kebakaran?

Hanya Ada 1 Penjaga di Blok C2 Lapas Tangerang di Malam Nahas ItuSuasana Lapas Tangerang Setelah Terjadi Kebakaran pada Rabu (8/9/2021). (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman menyebut, dugaan keributan di Lapas Kelas I Tangerang yang jadi salah satu sebab kebakaran merupakan informasi yang tidak benar.

"Sejauh yang kami ketahui, tidak ada keributan yang terjadi di dalam lapas sebelum kebakaran. Sementara dugaan kuat masih terkait arus pendek listrik," kata Tubagus saat dikonfirmasi, Kamis (9/9/2021).

Sebagaimana diketahui, beredar kabar ada perkelahian dua kelompok narapidana di dalam lapas tersebut, sebelum kebakaran terjadi. Keributan itu diduga menjadi sebab kebakaran pada Rabu dini hari.

Baca Juga: [BREAKING] Yasonna: Kebakaran Lapas Tangerang Diduga Karena Korsleting Listrik

Baca Juga: Perkelahian 2 Kelompok di Lapas Tangerang Jadi Sebab Kebakaran? 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya