Hari ke-16 Clean Up Radiasi Nuklir, Tim Angkut 638 Drum Radioaktif 

Tim juga sedang periksa sampel-sampel pohon

Tangerang Selatan, IDN Times - Memasuki hari ke-16 upaya clean up atau dekontaminasi terhadap area terpapar zat radioaktif di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), tim sudah mengamankan total 638 drum yang berisi tanah dan vegetasi yang terpapar radiasi. 

Tanah dan vegetasi tersebut selanjutnya dikirimkan ke tempat penyimpanan limbah radioaktif sementara di Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR), Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).

Baca Juga: Batan: Radiasi di Perumahan Batan Indah Sudah Menurun Drastis

1. Hari ini tim fokus keruk tanah dan vegetasi di beberapa titik

Hari ke-16 Clean Up Radiasi Nuklir, Tim Angkut 638 Drum Radioaktif IDN Times/Muhamad Iqbal

Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Batan Heru Umbara mengatakan, di hari ke-16 ini pekerjaan clean up fokus pada pengerukan di beberapa titik hasil coring. 

“Titik yang masih dianggap paparannya melebihi di atas ambang batas,” kata Heru.

Baca Juga: [FOTO] Proses Clean Up Radiasi Nuklir di Serpong

2. Gridding dan coring masih terus dilakukan

Hari ke-16 Clean Up Radiasi Nuklir, Tim Angkut 638 Drum Radioaktif (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Selain dari sembilan titik sudah di lakukan gridding dan coring, kata Heru, tim clean up menyisir juga beberapa titik di luar itu. Hal ini ditempuh untuk lebih menjamin keselamatan warga. 

Penyisiran ini dimaksudkan untuk lebih bersikap hati-hati terhadap kemungkinan adanya kontaminasi yang masih berada di ambang batas selesai melaksanakan clean up.

“Setiap selesai melakukan clean up selalu dilakukan mapping ulang untuk mengukur kondisi paparan radiasi terakhir di area terpapar zat radioaktif setelah dilakukan pengerukan,” kata Heru.

Baca Juga: Clean Up Berlanjut, Gridding Lokasi Radioaktif Serpong Dinilai Efektif

3. Batan dan Bapeten akan deklarasi lokasi bebas radiasi

Hari ke-16 Clean Up Radiasi Nuklir, Tim Angkut 638 Drum Radioaktif IDN Times/Muhamad Iqbal

Selain itu, lanjut Heru, tim clean up tengah menunggu hasil analisis dari sampel pohon yang telah diambil sebelumnya yang selanjutnya diputuskan seberapa banyak pepohonan yang akan ditebang dan dikirim ke PTLR.

Setelah semua dianggap bersih dari paparan zat radioaktif, Batan akan berkoordinasi dengan pihak Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) untuk pemeriksaan akhir dan mendeklarasikan bahwa area yang selama ini terkontaminasi zat radioaktif telah bersih seperti semula.

“Setelah dinyatakan bersih, selanjutnya Bapeten akan memberi pernyataan bahwa daerah tersebut telah bersih. Tahapan berikutnya adalah melakukan remediasi,” jelas Heru.

Baca Juga: Bapeten: Rumah Sumber Radiasi di Batan Indah Tidak Perlu Clean Up

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya