Hasil Tes Acak, 33 Warga Tangerang Positif COVID-19 

Warga Kota Tangerang yang pulang mudik jalani tes COVID-19

Kota Tangerang, IDN Times - Sebanyak 33 warga di Kota Tangerang dinyatakan positif COVID-19. Data itu berdasarkan hasil tes antigen kepada 2.834 orang secara acak di pos penyekatan mudik, pasar tradisional dan permukiman setempat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Liza Puspadewi, mengungkapkan 14 dari 33 orang yang didapati positif COVID-19 tersebut adalah warga luar Kota Tangerang seperti Jakarta, Lebak, Rajeg hingga Kota Tangerang Selatan.

"Tak sedikit dari mereka dari luar Kota Tangerang, tetap kami fasilitasi untuk melakukan isolasi di rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) Jurumudi Baru. Selebihnya, sudah dijemput oleh jajaran Dinkes domisili setempat dari hasil koordinasi antar wilayah," kata Liza seperti ditulis Antaranews, Jumat (21/5/2021).

Baca Juga: Arief: Faskes COVID-19 Kota Tangerang Terbanyak di Tangerang Raya

1. Tes COVID-19 dilakukan di 13 kecamatan

Hasil Tes Acak, 33 Warga Tangerang Positif COVID-19 Ilustrasi swab test. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Liza mengatakan pihaknya sejak Senin (17/5) hingga Kamis (20/5) telah melaksanakan tes usap antigen secara acak sebagai upaya deteksi dini menekan penyebaran COVID-19.

Pada Kamis (20/5), penelusuran dengan tes usap antigen di pusat keramaian mendapatkan hasil 1.601 sampel secara acak seperti di pasar dan terminal di 13 kecamatan. "Tapi tidak berhenti di sini, selanjutnya pusat keramaian akan dilanjutkan menggunakan tes GeNose," katanya.

Baca Juga: Satgas COVID Datangi Rumah Pemudik yang Tak Tes Antigen di Tangerang

2. Para pemudik diharap miliki kesadaran untuk cegah penyebaran COVID-19

Hasil Tes Acak, 33 Warga Tangerang Positif COVID-19 Ilustrasi petugas polisi menghalau pemudik. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Ia pun mengimbau, seluruh warga Kota Tangerang untuk tidak menganggap remeh dampak dari aktivitas mudik dan libur lebaran.

Oleh karena itu, Liza mengajak masyarakat untuk melakukan tes usap atau penelusuran mandiri untuk kebaikan semua pihak dan percepatan penanganan kasus, terutama setelah mudik.

"Sudah diberikan berbagai fasilitas secara gratis. Ada baiknya, menjadi kesadaran dan beban moral tersendiri bagi warga yang tetap melakukan mudik, untuk memastikan kesehatannya lebih dulu," katanya menegaskan.

3. Wali Kota: kegiatan dilakukan untuk antisipasi klaster rumah tangga

Hasil Tes Acak, 33 Warga Tangerang Positif COVID-19 Humas Pemkot Tangerang

Sementara, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menuturkan kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi sejak dini terjadinya klaster rumah tangga dan juga perkantoran.

Hal itu karena saat libur panjang Lebaran telah ada pembatasan akan tetapi masih terdapat beberapa tempat yang ramai dikunjungi.

"Tidak lupa kami mengingatkan masyarakat untuk dapat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan juga kembali kami menugaskan rekan ASN untuk mengadakan operasi aman bersama untuk mengingatkan penerapan protokol kesehatan di masyarakat," kata Arief.

Baca Juga: 5 Daerah di Banten Berstatus Zona Kuning COVID-19!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya