Hore! 1,2 Juta Lebih Pelanggan PLN Banten Dapat Potongan Biaya 

Berikut mekanismenya!

Tangerang, IDN Times - Manager Komunikasi Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Daerah (UID) Banten Eman menyebut bahwa sebanyak 1.284.386 pelanggan mendapat potongan iuran listrik. Bagaimana caranya? 

Eman menjelaskan, angka itu terdiri dari 1.160.092 pengguna pelanggan daya 450 volt ampere (VA) dan 124.294 pelanggan daya 900 VA. 

“Kami berharap dengan adanya kebijakan ini dapat memberi keringanan beban kepada masyarakat, khususnya di wilayah pelayanan PLN UID Banten, yang juga terdampak dari penyebaran COVID-19,” kata Eman dalam keterangan tertulis, Jumat (3/4).

Baca Juga: [BREAKING] Pengguna Listrik 450 VA Gratis Selama Tiga Bulan 

1. Pelanggan rumah tangga 450 VA dapat subsidi hingga iuran listrik gratis 3 bulan!

Hore! 1,2 Juta Lebih Pelanggan PLN Banten Dapat Potongan Biaya Dok. PLN UID Jateng dan DIY

Eman menjelaskan, PLN juga telah menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkan program subsidi dari atas dampak wabah COVID-19 tersebut. Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni 2020.

"Sementara untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id," kata Eman.

2. Pelanggan prabayar dapat potongan 50 persen

Hore! 1,2 Juta Lebih Pelanggan PLN Banten Dapat Potongan Biaya Ilustrasi PLN (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan ID tersebut, Eman melanjutkan, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen.

“Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam tiga bulan terakhir,” pungkasnya.

3. Presiden Jokowi umumkan beri kelonggaran dalam pembayaran listrik

Hore! 1,2 Juta Lebih Pelanggan PLN Banten Dapat Potongan Biaya Jokowi Tinjau RS Darurat virus corona di Pulau Galang (ANTARA Foto/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo mengumumkan akan memberi kelonggaran kepada pelanggan listrik 450 VA dan 900 VA di tengah pandemik virus corona tipe baru, COVID-19.

Pelanggan listrik 450 VA akan digratiskan, sementara pelanggan listrik 900 VA akan mendapat diskon 50 persen.

Baca Juga: Mau Menikmati Token Gratis dari PLN Selama 3 Bulan? Begini Caranya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya