Hujan Deras Semalaman, Banjir Hantam Beberapa Wilayah Banten

Genangan mencapai setengah meter

Serang, IDN Times - Beberapa wilayah Provinsi Banten terdampak banjir setelah hujan yang mengguyur Sejak Senin sore hingga malam (18/5). Genangan air masih terlihat hingga Selasa (19/5) di beberapa wilayah.

Ketinggian air yang bervariasi itu diakibatkan hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Serang dan sekitarnya sehingga air sungai meluap. Selain menggenangi permukiman warga, banjir juga menyebabkan aejumlah infrastruktur rusak.

Anggota Pusdalops BPBD Kabupaten Serang, Banten, Jhonny E Wangga mengatakan,  lima kecamatan yang terdampak, yakni Cikeusal, Baros, Kopo, Petir dan Pabuaran. “Penyebab utamanya atau pemicu utama hujan,” ujarnya.

Baca Juga: Putuskan Jembatan, Banjir di Lebak Tak Telan Korban Jiwa

1. Banjir mencapai 50 centimeter

Hujan Deras Semalaman, Banjir Hantam Beberapa Wilayah BantenANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Ia mengatakan, BPBD bersama intansi terkait dan masyarakat telah melakukan penanganan  di lokasi kejadian. Ketinggian air rata rata masih berada di bawah normal atau aman antara 20 sampai 50 sentimeter.

Di Kecamatan Baros, banjir dilaporkan melanda di Kampung Cipancur, Pulo Kiong, Ciluwung, dan Tamansari.

Di Kecamatan Cikeusal, banjir telah memutus jalan penghubung Desa Bantar Panjang menuju Desa Cikeusal. Di kecamatan ini salah satu jemnatan yang menghubungkan Kampung Pasir Menyan dan Kampung Kadu Pugur, Desa Sukaratu, dilaporkan ambruk.

Sementara di Kampung Cikawaib, Desa Sukajaya, Kecamatan Cikeusal, juga dilaporkan bahwa tembok penahan tanah di kampung ini jebol dengan panjang patahan 15 meter dan kedalaman 8 meter.

2. Banjir juga terjadi di Cilegon dan Kota Serang

Hujan Deras Semalaman, Banjir Hantam Beberapa Wilayah BantenCilegon sempat tergenang banjir pada Senin (4/5)/ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Di Kota Cilegon, banjir melanda Perumahan Cilegon Indah (PCI) dan Kecamatan Grogol. Kemudian di Kota Serang, banjir merendam empat dari enam kecamatan di Ibu Kota Banten tersebut. Banjir mulai merendam Banten sejak Senin, 18 Mei 2020 sekitar pukul 16.00 wib.

Lokasi banjir terparah ada di Perumahan Citra Gading di Kecamatan Cipocok dan Kelurahan Kaujon di Kecamatan Serang. Sedangkan arus Sungai Cibanten terpantau deras dan debit airnya tinggi. Rumah dan bangunan yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS), terendam air.

Perumahan Taman Angsoka Permai, yang berada di DAS Sungai Cibanten, di Kecamatan Kasemen juga ikut terendam air dengan ketinggian sekitar 40 cm.

3. Sudah dua kali banjir hantam warga Banten pada bulan Mei ini

Hujan Deras Semalaman, Banjir Hantam Beberapa Wilayah BantenIlustrasi banjir (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Banjir kali ini merupakan banjir kedua yang dialami warga Banten pada bulan Mei ini. Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Cilegon menimbulkan banjir yang mengepung sejumlah wilayah, Senin (4/5). Banjir diduga akibat curah hujan yang tinggi dan buruknya sistem drainase di wilayah sekitar sehingga air hujan meluap ke pemukiman warga.

Baca Juga: Cilegon Diterjang Banjir, Gerbang Tol Ditutup Dan Rumah Warga Rusak

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya