Hujan Lebat Picu Banjir yang Rendam Ratusan Rumah di Lebak

5 desa terdampak atas banjir

Lebak, IDN Times - Hujan dengan intensitas tinggi dilaporkan memicu banjir yang merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Lebak, pada Jumat (19/4/2024) dini hari.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Febby Rizki Pratama mengatakan, banjir menyebabkan lima desa di dua kecamatan terendam dengan ketinggian air bervariasi.

Baca Juga: Pilkada Lebak, KPU Segera Bentuk Tim Ad Hoc

1. Sebanyak 262 rumah terdampak atas kejadian ini

Hujan Lebat Picu Banjir yang Rendam Ratusan Rumah di LebakIlustrasi banjir (IDN Times/Esti Suryani)

Dari catatan BPBD, kata Febby, banjir merendam sebanyak 262 rumah warga di lima desa tersebut. Dilaporkan, tidak ada korban dalam kejadian ini.

“Di Kecamatan Cibadak yakni Desa Cimenteng Jaya sebanyak 27 rumah, Desa Cisangu 150 rumah dan Desa Pasar Keong 49 rumah. Lalu di Kecamatan Warunggungung 2 desa yakni Desa Banjarsari 20 rumah dan Desa Cempaka 16 rumah,” kata Febby, Jumat (19/4/2024).

2. Hujan picu luapan sungai yang membanjiri pemukiman warga

Hujan Lebat Picu Banjir yang Rendam Ratusan Rumah di Lebakilustrasi banjir (pexels.com/hitesh choudhary)

Banjir yang merendam desa di Kecamatan Cibadak itu, dipiicu luapan Sungai Cisangu. Sementara air yang merendam permukiman warga di Warunggunung dipicu luapan air di Situ Cilembun.

“Masyarakat agar selalu waspada dan siaga karena potensi banjir bisa kembali terjadi jika hujan kembali turun,” kata Febby.

Baca Juga: Ratusan Rumah di Lebak Terdampak Banjir dan Longsor

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya