Ikut Jaga Natal, Ratusan Ansor Banser Tangsel Dikerahkan

Mereka disebar di titik pengamanan yang ditentukan

Tangerang Selatan, IDN Times - Ratusan anggota Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) berpartisipasi mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kepala Satkorcab Banser Kota Tangsel, Yoyo Rahmat mengatakan, sebanyak 250 anggota Banser ditugaskan untuk berjaga di setiap titik yang sudah ditentukan.

Hal itu, kata Yoyo, disesuaikan dengan permintaan dari pihak gereja dan Polri sebagai koordinator sekaligus penanggung jawab pengamanan perayaan natal 2023.

"Kami akan selalu siap jika diminta bantuan terkait keamanan," kata Yoyo, Minggu (24/12/2023).

1. Titik pengamanan di antaranya gereja

Ikut Jaga Natal, Ratusan Ansor Banser Tangsel DikerahkanJemaat ibadah Natal di Gereja Katedral, Minggu (24/12/2023)/IDN Times Dini Suciatiningrum

Yoyo menjelaskan, titik-titik penjagaan oleh Banser tersebar di beberapa gereja, khususnya untuk acara perayaan Natal besok.

Sebagai badan otonom dari Ormas Islam Nahdlatul Ulama, Yoyo memastikan, Ansor Banser akan selalu siap menjalankan amanat dan pesan kiai-kiai Nahdlatul Ulama.

"Ansor-Banser siap mengamankan perayaan Natal 2023 sesuai dengan ajaran yang sudah diajarkan oleh kiai kita, dan bisa menjaga kerukunan antarumat terutama menjaga kerukunan antar agama dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika," jelasnya.

2. Jadi bentuk toleransi beragama bagi Banser

Ikut Jaga Natal, Ratusan Ansor Banser Tangsel DikerahkanIlustrasi keluarga bahagia menghias pohon natal (pexels.com/Jonathan Borba)

Yoyo menyebut, keterlibatan Ansor dan Banser dalam penjagaan gereja tersebut adalah bentuk toleransi. Selain itu, hal tersebut juga merupakan bagian dari ajaran Islam tentang menularkan kebaikan pada sesama umat manusia.

"Jiwa toleransi itu harus tetap ditanamkan dalam hati. Meskipun tidak seiman dengan kami, setidaknya mereka masih sebangsa dan setanah air dengan kita. Mereka patut mendapatkan keamanan di negeri ini," terangnya.

3. Kegiatan ini takkan pudarkan keimanan mereka

Ikut Jaga Natal, Ratusan Ansor Banser Tangsel DikerahkanIlustrasi Banser GP Ansor. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Yoyo mengaku, pihaknya sangat yakin kegiatan menjaga gereja tak akan memudarkan keimanan dari anggota Ansor dan Banser sedikitpun.

"Justru akan menambah rasa toleransi dan memperkuat prinsip dalam moderasi beragama," ungkapnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya