Imunisasi Anak di Kota Tangerang Gratis, Laporan Jika Ada Pungutan!

Hanya untuk imunisasi di posyandu dan puskesmas

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Dini Anggraeni meminta warga melapor jika ada pihak yang meminta uang atau bayaran dalam proses imunisasi di posyandu atau puskesmas Kota Tangerang. Warga bisa melapor melalui aplikasi Tangerang LIVE pada menu LAKSA.

Dini mengatakan, pelaporan juga dapat diakses melalui layanan Kemenkes pada Halo Kemenkes di 1500-567.

"Ini merupakan investasi masa depan yang dapat menekan dan mencegah penyakit yang menyebabkan kematian. Secara capaian Kota Tangerang harus maksimal, dengan itu dalam prosesnya perlu kita kawal bersama-sama,” kata Dini, Selasa (30/1/2024).

Baca Juga: Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Ini Upaya Pemkot Tangerang

1. Sebanyak 14 antigen vaksin ini gratis!

Imunisasi Anak di Kota Tangerang Gratis, Laporan Jika Ada Pungutan!Hari pertama Pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Kota Solo. (Dok/Humas Pemkot Solo)

Dini menjelaskan, 14 antigen vaksin yang digratiskan pada posyandu dan puskesmas, diantaranya imunisasi untuk bayi usia kurang 12 bulan harus mendapatkan sembilan antigen vaksin.

Vaksin itu adalah hepatitis B, BCG, Polio Tetes (OPV), Polio Suntik (IPV), DPT-HB-Hib, PCV, Rotavirus, campak rubela, dan JE.

2. Yuk bawa anak-anak imunisasi ke posyandu atau puskesmas

Imunisasi Anak di Kota Tangerang Gratis, Laporan Jika Ada Pungutan!Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meninjau pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-PIN) Polio di Donoharjo, Ngaglik, Jumat (19/1/2024). (Dok. Istimewa)

Lebih lanjut dia mengatakan, bayi 12 hingga 18 bulan harus mendapatkan antigen vaksin PCV, DPT-HB-Hib dan campak rubela. Sementara itu, anak usia Sekolah Dasar (SD) harus mendapat antigen vaksin DT, Campak Rubela, Td dan HPV.

“Ayo, seluruh orangtua di Kota Tangerang, bawa anak tercintanya ke posyandu atau puskesmas di Kota Tangerang untuk mendapatkan vaksinasi lengkap secara gratis,” kata Dini.

Baca Juga: Cara Cek Ketersediaan Vaksin COVID-19 di Dinkes Kota Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya