Ingin Turunkan Angka Stunting, Pemkot Tangerang Bentuk 754 TPK

Apa saja fungsi mereka? 

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang membentuk 754 Tim Pendampingan Keluarga (TPK). Tim ini akan fokus menangani stunting di Kota Tangerang.

Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang Jatmiko menuturkan, 754 TPK yang dibentuk merupakan tim gabungan yang terdiri dari kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), tenaga kesehatan, dan kader KB yang tersebar di 13 kecamatan yang ada di seluruh Kota Tangerang.

"Dalam pergerakannya yang telah kita rencanakan, DP3AP2KB Kota Tangerang lewat 745 TPK yang telah dibentuk, akan berfokus pada pencegahan ,” ujar Jatmiko, Selasa (13/6/2023).

Baca Juga: Stunting di Indonesia, Benang Kusut yang Sulit Diurai

1. Ini salah satu tugas mereka

Ingin Turunkan Angka Stunting, Pemkot Tangerang Bentuk 754 TPKIlustrasi pencegahan stunting. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Dalam prosesnya, TPK akan bertugas mendampingi keluarga berisiko stunting, khususnya yang menyasar calon pengantin, ibu hamil, ibu nifas, bayi dua tahun serta balita.

“(Fokus juga dilakukan untuk) pola asuh yang nantinya akan berpengaruh pada perbaikan asupan gizi, penurunan infeksi, hingga angka stunting dapat tertangani dan tidak meningkat" kata Jatmiko.

2. Mereka akan merealisasikan berbagai program

Ingin Turunkan Angka Stunting, Pemkot Tangerang Bentuk 754 TPKIlustrasi upaya pencegahan stunting. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Ia melanjutkan, 754 TPK yang dibentuk akan merealisasikan berbagai program pendukung lainnya, seperti program Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Bina Keluarga Lansia (BKL).

Tidak hanya itu, terdapat juga program Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) yang juga akan dikuatkan serta dengan akses pelayanan keluarga berencana.

“Lewat terbentuknya TPK, akan melahirkan kesadaran kolektif, semangat kolaboratif, serta meningkatkan parsipasi masyarakat untuk bergerak bersama dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di Kota Tangerang, khususnya penanganan stunting,” tambahnya.

3. TPK ini juga menjadi wadah bagi warga yang ingin berpartisipasi dalam penanganan stunting

Ingin Turunkan Angka Stunting, Pemkot Tangerang Bentuk 754 TPKIlustrasi pencegahan stunting. (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Selain itu, 754 TPK ini diharapkan menjadi wadah bagi seluruh masyarakat untuk terlibat secara langsung, serta aktif dalam mewujudkan prioritas bersama, yakni Kota Tangerang yang terbebas dari kasus stunting.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya