Jalan Sunan Kalijaga di Rangkasbitung Diberlakukan Satu Arah

Sebelumnya jadi 2 arah karena pembangunan stasiun

Lebak, IDN Times - Jalan Sunan Kalijaga di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak kembali diberlakukan menjadi satu arah untuk kendaraan bermotor. Sebelumnya, di jalan ini sempat diterapkan dua arah arus lalu lintas. 

Pemberlakuan dua arah kendaraan bermotor di Jalan Sunan Kalijaga dilakukan untuk memudahkan masyarakat menuju Pasar Rangkasbitung seiring ditutupnya perlintasan sebidang Jalan RT Hardiwinangun/Jalan Tirtayasa pada 31 Juli 2023 guna kepentingan pembangunan stasiun.

Baca Juga: 2 Hari, KRL Rute Rangkasbitung-Tanah Abang 3 Kali Gangguan

1. Petugas sudah menutup akses jalan

Jalan Sunan Kalijaga di Rangkasbitung Diberlakukan Satu ArahIlustrasi Dishub (Dok. Dishub DKI Jakarta)

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak pun menutup akses masuk ke Jalan Sunan Kalijaga bagi kendaraan yang datang dari arah Alun-alun Rangkasbitung melalui Jalan Multatuli dan dari Jalan Jenderal Ahmad Yani atau jembatan dua.

“Hasil koordinasi dengan jajaran Satlantas Polres Lebak, kami melakukan perubahan rekayasa di Jalan Kalijaga yang datang dari jembatan dua dan Jalan Multatuli,” kata Kasi Pengawasan Lalu Lintas Dinas Dishub Lebak, Cecep Hunaepi, Selasa (12/3/2024).

2. Begini pola rutenya

Jalan Sunan Kalijaga di Rangkasbitung Diberlakukan Satu Arahdok. humas Pemprov DKI

Kendaraan yang datang dari dua arah tersebut hendak menuju Pasar Rangkasbitung kini harus kembali melalui rute seperti biasanya yakni melewati Jalan Multatuli kemudian belok ke Jalan Kitopo lalu keluar Jalan RT Hardiwinangun menuju pintu masuk pasar di Jalan Tirtayasa.

Sementara kendaraan yang biasanya menuju Bundaran Papanggo via Jalan Sunan Kalijaga harus kembali melewati Jalan Sunan Bonang atau Jalan Patih Derus keluar Jalan Ir Juanda.

“Jadi kami kembalikan Jalan Sunan Kalijaga ke awal menjadi satu arah. Karena selama bulan Ramadan akan terjadi peningkatan volume kendaraan sehingga dikhawatirkan menimbulkan kesemrawutan dan membuat kendaraan stuck (macet total),” kata Cepi.

Baca Juga: Stasiun Rangkasbitung Akan Dibangun, Pintu Perlintasan Kembali Ditutup

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya