Jelang Lebaran, Ratusan KK di Tangsel Terdampak Banjir

Tanah longsor juga melanda sejumlah titik di Tangsel

Tangerang Selatan, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengerahkan sejumlah perahu karet ke titik lokasi banjir di Puri Bintaro Indah, Jombang, Kecamatan Ciputat, pada Rabu malam (3/4/2024).

Sekitar 120 kepala keluarga (KK)  terdampak banjir setinggi 60 centimeter (cm), dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Tangsel.

"Perahu LRC untuk layanan penduduk setempat yg baru pada balik ngantor atau aktivitas lainnya mengingat kendaraan mereka saat ini tidak kami perkenankan untuk masuk ke permukiman," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangsel, Essa Nugraha, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga: Hujan Intensitas Lama, Picu Genangan Hingga Longsor di Tangsel

1. Banjir terjadi di beberapa titik

Jelang Lebaran, Ratusan KK di Tangsel Terdampak BanjirDok. IDN Times/Yud

Perahu karet yang dioperasikan Satgas BPBD Kota Tangsel mondar-mandir mengangkut warga dari luar aktivitas ke rumahnya masing-masing pada Rabu malam tersebut.

Essa menyebut, banjir juga sempat merendam perumahan lainnya. Di Kampung Maruga RT 007 RW 004, Serua, Kecamatan Ciputat, tepatnya di sekitar kantor Wali Kota Tangsel dengan ketinggian 50 sentimeter itu merendam 40 rumah.

Bukit Pamulang Permai genangi jalanan setinggi 25 sentimeter. Perumahan Rosewood dan empat perumahan lainnya tergenang.

2. Longsor juga dilaporkan terjadi di wilayah tersebut

Jelang Lebaran, Ratusan KK di Tangsel Terdampak BanjirDok. BPBD Tangsel

Tanah longsor juga terjadi di Kampung Cirompang RT 02 RW 03, Kademangan, Kecamatan Setu. Tembok setinggi 5 meter panjang 15 meter menimpa bagian belakang rumah kontrakan 15 kepala keluarga.

Tembok di kantor Kelurahan Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Serpong roboh. Bangunan sepanjang 15 meter itu roboh ke bagian area dalam.

"Material longsor masih berada dibahu jalan samping kantor kelurahan dan sementara akses jalan masih bisa dilalui oleh kendaraan," kata Essa.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Siapkan 1000 Kuota Mudik Gratis

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya