Jelang Seba Baduy, Ada Diskon Khusus Tarif Tol Serang-Panimbang

Diskonnya mencapai 30 persen

Kota Tangerang, IDN Times - Menyambut gelaran tradisi Seba Baduy, PT Wijaya Karya (Wika) Serang Panimbang selaku pengelola Tol Serang-Panimbang memberikan diskon tarif bagi pengguna Tol Serang-Panimbang.

Diskon tarif tol khusus sebesar 30 persen diberlakukan mulai pukul 00.00 WIB mulai tanggal 16 hingga 19 Mei 2024 pukul 24.00 WIB, hanya berlaku di pintu tol keluar Serang-Panimbang seperti GT Cikeusal, GT Tunjung Teja dan GT Rangkasbitung.

"Tidak berlaku untuk tarif integrasi dengan Tol Tangerang-Merak,” kata Direktur Teknik dan Operasi PT Wika Serang Panimbang, Budi Suanda, Selasa (14/5/2024).

Baca Juga: Warga Adat Baduy Laksanakan Seba Baduy pada 17-19 Mei 2024

1. Seba Baduy masuk dalam Karisma Event Nusantara

Jelang Seba Baduy, Ada Diskon Khusus Tarif Tol Serang-PanimbangWarga Suku Baduy antre saat pelaksanaan Pemilu 2024 di Desa Kenekes, Lebak(ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Program diskon khusus ini merupakan dukungan untuk tradisi Seba Baduy yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) yang merupakan salah satu strategi kolaboratif Kemenparekraf RI bersama pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas.

2. Apa itu Seba Baduy?

Jelang Seba Baduy, Ada Diskon Khusus Tarif Tol Serang-PanimbangWarga Suku Badui berjalan menuju tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Kenekes, Lebak (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Seba Baduy merupakan upacara adat yang dilakukan setahun sekali sebagai wujud syukur atas limpahan hasil pertanian yang dilaksanakan setelah kegiatan Kawalu dan Seren Taun (Ngalaksa).

Ribuan masyarakat Baduy dari Desa Kanekes akan menempuh jarak puluhan kilometer menuju Pemerintah Kabupaten Lebak dan Pemerintah Provinsi Banten sambil membawa hasil bumi untuk diserahkan dan memberikan aspirasi perihal eksistensi budaya Baduy serta pelestarian lingkungan Baduy yang telah ratusan tahun dipegang teguh.

Event Seba Baduy akan berlangsung mulai dari tanggal 16 hingga 19 Mei 2024 dengan main dan side event, di antaranya ritual Seba Baduy, pameran ekonomi kreatif Baduy, camping ground, fashion designer competition, dan acara hiburan lainnya.

Baca Juga: Kamu Mau Desa Adat Baduy? Perhatikan Larangan Ini Yah!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya