Jutaan Surat Suara Pilkada Tangsel Sudah Tiba

Sebanyak 25 orang bakal melipat surat suara itu

Tangerang Selatan, IDN Times - Sebanyak 1.001.874 surat suara untuk Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah tiba di Kantor KPU Kota Tangsel, Selasa (23/11/2020). Jutaan surat suara tersebut dikirim dari percetakan di Gresik, Jawa Timur sejak Senin malam (22/11/2020).

Ketua KPU Kota Tangsel, Bambang Dwitoro menerima langsung surat suara dan memastikan semuanya lengkap. "Itu banyaknya 1.001.874 lembar," katanya, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: Kecewa Debat Pilkada Tangsel, LPA: Isu Anak Kalah Sama Daun Kelor

1. KPU targetkan, semua surat suara sudah selesai dilipat dalam lima hari

Jutaan Surat Suara Pilkada Tangsel Sudah TibaSurat Suara Pilkada Tangsel (Dok. IDN Times/di)

Total jumlah surat suara yang tiba pukul 15.14 WIB tadi. Berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) per Tempat Pemungutan Suara (TPS) ditambah 2,5 persen surat suara cadangan. Bambang juga menjelaskan, kertas surat suara akan dilipat di gudang KPU Tangsel, Jalan Buana Kencana Sektor XII BSD, Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, besok (25/11/2020). 

"Kami targetkan, dalam lima hari ke depan selesai. Kalo bisa tiga hari," kata Bambang.

2. KPU Tangsel siapkan 25 tenaga pelipat surat suara

Jutaan Surat Suara Pilkada Tangsel Sudah TibaTim Akhyar - Salman meninjau proses sortir lipat surat suara Pilkada Medan 2020. Surat suara itu dikomplain karena foto Paslon 01 Akhyar-Salman tampak lebih gelap. (Istimewa)

Sementara, Sekretariat KPU Tangsel sudah mendata ada 25 personel tenaga pelipat yang siap bekerja. Jumlahnya tidak sebanyak hajat demokrasi sebelumnya, lantaran memperhatikan protokol kesehatan.

"Kalau di kampanye pasangan calon saja tidak boleh lebih dari 50 orang, maka tenaga pelipat tidak lebih dari 50 orang," ujarnya.

3. Pilkada Tangsel diikuti 3 paslon

Jutaan Surat Suara Pilkada Tangsel Sudah TibaPaslon di Pilkada Tangsel 2020 (IDN Times/M Shakti)

Sebagaimana diketahui, Pilkada Tangsel diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon). Adapun paslon nomor urut 1 Muhamad-Rahayu Saraswati dan diikuti Siti Nur Azizah-Ruhamaben dan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan.

Benyamin Davnie merupakan calon petahana dalam pilkada kali ini. 

Baca Juga: Azizah Ungkit Politik Oligarki, Sindir Petahana?

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya