Kakek Sebatang Kara di Tangsel Ini Belum Dapat Bansos

Hari ini Pemkot sebarkan bansos dari provinsi

Tangerang Selatan, IDN Times - Nama kakek satu ini Paijo dan berusia 65 tahun. Dia hidup sebatang kara di RT 04, RW 04, Kelurahan Serua, Ciputa Tangerang Selatan (Tangsel). 

Di tengah pandemik COVID-19 dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kakek Paijo mengaku, belum pernah mendapat bantuan sosial (bansos), seperti yang digemborkan pemerintah daerah maupun pusat. 

Padahal pria yang hidup di bangunan 2x3 meter persegi dan berlokasi di sekitar pemakaman yang tak jauh dari pusat Pemerintahan Kota Tangsel itu memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Tangsel.

"Gak pernah saya dapat dari dulu-dulu. Gak pernah dapat bantuan. Cuma barusan dikasih sama RT pas habis salat, beras 2 kilo, sama Supermi 6.  Gak tahu, itu bantuan atau bukan, RT ga bilang apa-apa," kata Paijo, Selasa (5/5).

1. Paijo bingung, virus mematikan dan kelaparan mengintai bersamaan

Kakek Sebatang Kara di Tangsel Ini Belum Dapat BansosPaijo, Kakek sebatang kara di Ciputat, Tangsel (ISTIMEWA)

Paijo yang sehari-hari mencukupkan kebutuhan dari kerja serabutan itu kini sedang bingung. Jika dia bekerja jadi tukang kebun panggilan dan berjualan daun pisang, ada virus mematikan yang mengintai. Apalagi, Paijo sudah tua, riskan tertular dan menjadi parah. 

Namun, jika Paijo tidak bekerja ada ancaman lain, yaitu kelaparan.  "Kalau udah gini mau gimana, cuma sisa uang hasil jualan yang gak lama (bakal) abis," kata Paijo.

2. Pemkot Tangsel mulai serahkan bansos dari Provinsi Banten

Kakek Sebatang Kara di Tangsel Ini Belum Dapat Bansos(Ilustrasi uang) IDN Times/Ita Malau

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kota Tangsel mulai membagikan bansos berbentuk uang dengan nominal Rp600 ribu melalui rekening bank BJB Syariah kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di sejumlah kelurahan. Salah satunya di Kelurahan Serua, Kecamataan Ciputat yang melakukan pembagian Bansos secara bertahap.

Lurah Serua, Cecep mengatakan, bantuan yang diberikan kepada masyarakat, menurut informasi dari Kecamatan Ciputat merupakan bantuan dari Provinsi Banten.

"Tadi Inspektorat Provinsi Banten datang (untuk mengecek)," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (5/5).

3. Ratusan KK sudah terima Bansos hari ini

Kakek Sebatang Kara di Tangsel Ini Belum Dapat BansosPaket sembako sebagai bansos untuk warga miskin di Palembang. (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Lurah Cecep menjelaskan, total Kepala Keluarga (KK) yang menerima bantuan hari ini sebanyak 206 orang yang didata oleh RT dan RW pada tahap pertama yang diusulkan kepada Dinas Sosial (Dinsos) beberapa waktu lalu.

Adapun soal warga Kelurahan Serua terdampak yang bernama Paijo dirinya akan melakukan cross chek pada esok hari.

"Coba nanti dicek, untuk daerah RW 04 besok," kata Cecep.

Baca Juga: [LINIMASA] Wabah COVID-19 Hantui Warga Banten

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya