Kasus COVID-19 Kembali Meningkat, Dinkes Kota Tangerang Siapkan Vaksin

Warga diminta segera memenuhi dosis vaksin

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mengimbau masyarakat untuk segera melengkapi dosis vaksinasi COVID-19. Hal ini sebagai upaya mengantisipasi lonjakan kasus yang tengah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia termasuk Kota Tangerang.

“Segera datangi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat di puskesmas. Jangan ditunda-tunda, lebih baik waspada dan mengantisipasi, dari pada terlambat dan membahayakan diri sendiri, keluarga dan lingkungan,” kata Kepala Dinkes Kota Tangerang, Dini Anggraeni pada Selasa (16/1/2024).

Baca Juga: Tega! Pria 60 Tahun Perkosa Wanita yang Tengah Stroke di Tangerang

1. Kasus COVID-19 di Kota Tangerang naik tiap hari

Kasus COVID-19 Kembali Meningkat, Dinkes Kota Tangerang Siapkan VaksinPetugas kesehatan mendata pasien COVID-19 dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) yang baru tiba di Rumah Susun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (21/6/2021) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Dini menjelaskan, aturan melengkapi dosis vaksinasi COVID-19 tertuang dalam Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor IM.02.04/C/4864/2023 tertanggal 15 Desember 2023.

Dalam surat tersebut, Dini menyatakan, situasi COVID-19 di Indonesia saat ini menunjukkan tren peningkatan kasus. Di Kota Tangerang sendiri, saat ini selalu ada kasus baru per hari walau tidak signifikan.

“Karena itu, perlu adanya upaya pencegahan penularan yang dilakukan serentak oleh seluruh elemen masyarakat, salah satunya vaksinasi," kata dia.

2. Informasi program vaksinasi bisa cek di sini

Kasus COVID-19 Kembali Meningkat, Dinkes Kota Tangerang Siapkan VaksinPetugas bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga kepada warga di Senayan Park, Jakarta, Jumat (11/2/2022). Pemerintah melaporkan, hingga Kamis (10/2/2022) pukul 18.00 WIB, jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi dosis ketiga atau booster mencapai 6.391.787 orang atau 3,07 persen (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Dini mengimbau, bagi masyarakat, terutama lansia dan dewasa yang memiliki komorbid diimbau untuk segera melengkapi dosis vaksinasi COVID-19.

“Informasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dapat diakses masyarakat melalui link pada bio Instagram @dinkes.kotatangerang, klik infomasi vaksin dan imunisasi, lalu pilih puskesmas terdekatnya,” kata Dini.

3. Ini manfaat vaksin COVID-19

Kasus COVID-19 Kembali Meningkat, Dinkes Kota Tangerang Siapkan VaksinVaksinasi COVID-19 di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (19/11/2021) (ANTARA FOTO/Rahmad)

Selain melindungi diri dengan vaksinasi, Ia juga meminta masyarakat untuk menerapkan penggunaan masker saat sakit atau pada tempat umum yang berisiko penularan COVID-19.

“Segera periksakan diri jika sakit dan memiliki gejala COVID-19, seperti demam, batuk, pilek, sesak nafas, dan kalau tes COVID-19 positif lakukan isolasi dengan baik dan patuh,” imbaunya.

Baca Juga: KPU Kota Tangerang Tengah Siapkan Sarana Pemilu untuk Orang Difabel 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya