Kebocoran Gas Amonia di Kota Tangerang, Warga Alami Sesak Napas

Dinkes Kota Tangerang buka posko kesehatan

Kota Tangerang, IDN Times - Kebocoran gas amonia dari Pabrik es di Jalan KS Tubun, Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang mengakibatkan 28 warga terserang sesak napas dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Dini Anggraeni menyebut, data warga yang ditangani masih terus bergerak.

Sejauh ini, sekitar 20 lebih warga telah ditangani petugas kesehatan dengan keluhan ringan. Keluhan para pasien ialah sesak napas dan mata yang perih.

"Untuk rujukan, Dinkes Kota Tangerang telah menyiapkan RSUD Kota Tangerang, RS Metro dan RS Hermina Tangerang. Selain itu, IGD RS Arrahma juga telah disiapkan yang kini sudah kode yellow," kata Dini, Selasa (6/2/2024).

Baca Juga: 876 Mahasiswa di Kota Tangerang Terima Beasiswa Rp6 Juta per Tahun

1. Sebanyak 25 petugas kesehatan menyisir pemukiman sekitar TKP

Kebocoran Gas Amonia di Kota Tangerang, Warga Alami Sesak NapasDok. BPBD Kota Tangerang

Dini mengakatan, 25 petugas kesehatan yang diterjunkan di lokasi kejadian juga sudah berkeliling ke permukiman sekitar untuk membagikan masker ke masyarakat. Diharapkan, upaya itu bisa mengurangi dampak atas kebocoran gas tersebut.

"Bagi masyarakat yang memiliki keluhan atas dampak kebocoran gas ini, diimbau untuk segera datang ke posko kesehatan yang telah disediakan. Seluruh petugas, obatan-obatan dan instalasi farmasi sudah tersedia," katanya.

2. Dinkes Kota Tangerang buka posko kesehatan

Kebocoran Gas Amonia di Kota Tangerang, Warga Alami Sesak NapasDok. Pemkot Tangerang

Selain itu, kata Dini, pihaknya juga telah membuka posko kesehatan yang terletak di GOR Koang Jaya dengan menerjunkan petugas kesehatan dari Puskesmas Karawaci Baru, Puskesmas Pabuaran Tumpeng dan Puskesmas Pasar Baru.

“Sejumlah armada ambulans pun ikut kami turunkan. Mulai dari ambulans 119 hingga ambulans gratis untuk merujuk warga yang mengalami gejala penyakit pernapasan ke rumah sakit terdekat. Salah satunya, RSUD Kota Tangerang,” kata Dini.

Baca Juga: Didominasi Cerah Berawan, Ini Prakiraan Cuaca Kota Tangerang Sepekan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya