Keluarga Ungkap Alasan Jenazah Azyumardi Azra Masih di Malaysia

Azyumardi Azra meninggal setelah positif COVID-19

Tangerang Selatan, IDN Times - Keluarga almarhum Ketua Dewan Pers, Profesor Azyumardi Azra memastikan saat ini jenazah masih berada di Malaysia. Keponakan almarhum, Armia Putriana mengatakan, sedang ada upaya pemulangan jenazah yang di lakukan KBRI di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Karena bapak positif COVID-19, pihak RS tidak mengizinkan untuk dibawa ke sini. Pihak Indonesia konfirmasi dengan KBRI sana agar bisa dipulangkan, " kata Armia kepada wartawan, Minggu (18/9/2022).

Baca Juga: Innalillahi, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia 

1. Rencananya, Azyumardi dimakamkan di TMP

Keluarga Ungkap Alasan Jenazah Azyumardi Azra Masih di MalaysiaKetua Dewan Pers, Azyumardi Azra saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Jumat (24/6/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Armia mengungkapkan, almarhum rencanannya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP). "Ada rencana akan dimakamkan di taman makam pahlawan, tapi dimanapun engga masalah," kata dia.

Saat ini, ada dua keluarga almarhum yang berada bersama jenazah, yakni istri dan anak kedua.

2. Keluarga mulai berkumpul di rumah almarhum Azyumardi

Keluarga Ungkap Alasan Jenazah Azyumardi Azra Masih di MalaysiaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Saat ini, pihak keluarga mulai berkumpul di kediaman Almarhum Azyumardi Azra di Puri Laras 2, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel).

Kabar berpulangnya Prof Azra membuat kondisi di kediaman almarhum mulai didatangi sejumlah kerabat. Mereka berkumpul di ruangan tamu, di antaranya ada yang terdengar membaca surat Yasin.

3. Ketua Dewan Pers Profesor Azyumardi Azra meninggal dunia

Keluarga Ungkap Alasan Jenazah Azyumardi Azra Masih di MalaysiaIlustrasi Azyumardi Azra (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya diberitakan, Azyumardi Azra meninggal dunia pada Minggu (18/9/2022), di Malaysia.

"Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah meninggal dunia Prof. Dr. Azyumardi Azra. Semoga beliau mendapat tempat yang mulia di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," demikian berita duka ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan.

Sebelumnya, Azyumardi dirawat di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia. Dia dilarikan ke rumah sakit di Negeri Jiran tersebut, karena mengalami sesak napas di pesawat saat dalam perjalanan menuju Malaysia.

Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Uni Lubis mengatakan, sangat kehilangan dengan sosok Azyumardi Azra.

"FJPI sangat kehilangan dan berduka cita atas kepergian Prof Azyumardi Azra. Sosok yang obyektif, independen, pembela HAM dan kemerdekaan berekspresi yang diharapkan memimpin Dewan Pers dalam situasi sulit saat ini, terutama menjelang Pemilu 2024 di mana pers bisa ditarik ke arah pihak-pihak yang berkepentingan politik maupun bisnis. Prof Azyumardi juga sangat peduli terhadap kesetaraan gender dan isu perempuan dan anak," ujar Uni, Minggu 18 September 2022.

Baca Juga: Menag: Azyumardi Azra Adalah Intelektual Berkaliber Dunia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya