Kemenhub Buka Posko Mudik Bawa Motor Gratis di Stasiun Tangerang

Berminat? Catat syarat ketentuannya ya

Kota Tangerang, IDN Times - Kementerian Perhubungan menyiapkan 46.720 kuota penumpang dan 10.440 sepeda motor untuk bisa diangkut dengan moda transportasi Kereta Api (KA) pada program angkutan sepeda motor gratis masa lebaran tahun 2023. Kementrian Perhubungan (Kemenhub) pun turut membuka posko pendaftaran di stasiun Tangerang.

Koordinator di Posko Stasuin Tangerang, Raymon Pardede mngatakan, tercatat hingga Minggu (12/3/2023) puluhan orang dan kendaraan mendaftar di Stasiun Tangerang.

Baca Juga: Program Mudik Lebaran Gratis Banten, Rute Sampai Yogya

1. Ini syarat daftarnya

Kemenhub Buka Posko Mudik Bawa Motor Gratis di Stasiun Tangerangilustrasi KTP (IDN Times/Umi Kalsum)

Pendaftaran angkutan sepeda motor gratis bagi pemudik tersebut tidak memerlukan banyak berkas sebagai persyaratan.

Selain itu, pemudik juga bisa mendaftarkan diri dan kendaraannya di posko pendaftaran yang disediakan ataupun secara daring di situs mudikgratis.dephub.go.id.

Akan tetapi pemudik tetap diharapkan untuk datang ke posko pendaftaran guna melakukan verifikasi.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi oleh pemudik diantaranya yakni, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan juga Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Jadi pemudik yang ingin mendaftar ini datang ke sini untuk pendaftaran, dia hanya membawa STNK, KTP, KK dan SIM,” sambungnya.

2. Pendaftaran bisa dilakukan secara daring

Kemenhub Buka Posko Mudik Bawa Motor Gratis di Stasiun TangerangIlustrasi rapat. Antarafoto

Jika pendaftaran dilakukan via online, calon peserta bisa daftar sendiri, dengan membuat akun dan memilih kota yang dituju.

"Setelah itu nanti mereka keesokan harinya datang ke posko untuk verifikasi,” kata dia.

3. Ini stasiun-stasiun KA tujuan program ini

Kemenhub Buka Posko Mudik Bawa Motor Gratis di Stasiun Tangerangwww.kompas.com

Untuk diketahui, terdapat tiga jalur yang akan digunakan pada program tersebut yakni Lintas Utara meliputi Cilegon-Semarang Tawang pulang pergi melewati Stasiun Cilegon, Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawangan.

Lalu Lintas Tengah meliputi Jakarta Gudang-Purwosari pulang pergi melewati Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purkokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Purwosari.

Serta Lintas Selatan meliputi Kiaracondong-Purwosari pulang pergi melewati Stasiun Kiaracondong, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Sidareja, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Purwosari.

Dengan arus keberangkatan mudik tanggal 11 April 2023-20 April 2023 dan arus balik mudik tanggal 25 April 2023-4 Mei 2023.

Baca Juga: Warga Kabupaten Tangerang, Hati-hati Ada ETLE di Ruas Jalan Ini

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya