Korban Tewas Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah Jadi 45 Orang 

Korban meninggal usai mendapat perawatan di RSUD Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Satu korban kebakaran Lapas Kelas I A Tangerang berinisial H (42) yang menjalani perawatan di RSUD Kabupaten Tangerang, dinyatakan meninggal dunia.

"Tuan H dengan luas luka bakar 63 persen on WSD dan post Debridement, semalam meninggal pukul 21.30 (Sabtu, 11 September 2021)," kata Kepala Instalasi Hukum Publikasi dan Informasi RSUD Kabupaten Tangerang, Hilwani, Minggu (12/9/2021).

1. Korban sempat menjalani operasi

Korban Tewas Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah Jadi 45 Orang Petugas PMI keluar dari dalam lapas usai melakukan evakuasi korban kebakaran di Lapas Dewasa Klas 1 A Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Hilwani mengatakan, pihaknya sudah melakukan operasi untuk mempercepat pemuliham H yang mengalami luka bakar.

"Sudah dilakukan operasi debridement dan pemasangn WSD, tapi meninggalnya dikarenakan trauma Inhalasi dan luka bakar grade III, 63 persen," kata Hilwani.

Baca Juga: 7 Korban Kebakaran Lapas Tangerang Dirawat di RSU Tangerang

2. Ada tiga korban kebakaran juga meninggal dalam perawatan

Korban Tewas Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah Jadi 45 Orang ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Sebelumnya, korba  tewas akibat tragedi kebakaran di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IA Tangerang kembali bertambah satu orang. Sehingga, total korban tewas akibat kebakaran nahas tersebut menjadi 44 orang.

"Betul, bertambah lagi atas nama T," kata Humas RSUD Kabupaten Tangerang Hilwani, Kamis (9/9/2021).

Hilwani menuturkan, korban tersebut meninggal lantaran organ-organnya yang sudah tidak berfungsi. "Meski sudah kita pasang ventilator dan kita observasi intensif di ICU," jelasnya.

3. Dugaan sementara penyebab kebakaran Lapas Tangerang akibat kelalaian

Korban Tewas Kebakaran Lapas Tangerang Bertambah Jadi 45 Orang Keluarga korban kebakaran lapas berjalan menuju bus untuk diberangkatkan ke RS Polri Kramat Jati di Lapas Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). (ANTARA FOTO/Fauzan)

Polda Metro Jaya masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran di Lapas Kelas IA Tangerang, Banten. Dugaan sementara, kebakaran yang menewaskan 45 narapidana ini karena ada unsur kelalaian.

"Tapi saat ini (penyidik) belum menyimpulkan, kasus tersebut bisa merupakan kelalaian akibat kebakaran tersebut. Cuma saat ini penyidik sedang mendalami siapa yang lalai sehingga terjadinya kebakaran tersebut," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat konferensi pers di RS Polri Kramat Jati, Jaktim, Sabtu (11/9/2021).

Baca Juga: RSUD Tangerang Rawat 10 Korban Luka Kebakaran Lapas Tangerang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya