Kronologi Truk Pengangkut Semen Tercebur ke Laut Pelabuhan Merak

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini

Cilegon, IDN Times - Sebuah truk pengangkut semen tercebur kedalam laut di dermaga 5 Pelabuhan Penyeberangan Merak Rabu (28/12/2022) malam, kala cuaca ekstrem melanda perairan Merak.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kondisi unit truk rusak berat.

Baca Juga: Kronologi Mobil Jatuh ke Laut di Dermaga Pelabuhan Merak

1. Sempat ingin dievakuasi

Kronologi Truk Pengangkut Semen Tercebur ke Laut Pelabuhan MerakIlustrasi kendaraan saat mengantre di Pelabuhan Merak. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Kepala Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) wilayah Banten Handjar Dwi Antoro menjelaskan, kronologi jatuhnya truk ini. 

"Pada saat kapal yang sedang melakukan muatan kendaraan yang akan menyeberang sebuah mobil truk pengangkut semen hendak memasuki kapal berada di atas ramp door mengalami patah as akibat goncangan gelombang laut yang kencang," kata Handjar, dalam siaran tertulis, Kamis (29/12/2022).

2. Tak sempat terevakuasi

Kronologi Truk Pengangkut Semen Tercebur ke Laut Pelabuhan MerakRatusan kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera memenuhi tempat parkir di Pelabuhan Merak, Banten (ANTARA FOTO/Fathulrahman)

Handjar mengatakan pada saat truk tersebut tersangkut di atas pintu kapal, para petugas sempat melakukan evakuasi dengan menggunakan kendaraan derek, namun evakuasi tidak berhasil dilakukan.

"Sehingga pada saat itu pula truk tersebut tercebur ke dalam laut," kata Handjar.

3. Hingga Kamis pagi truk tersebut masih di dalam laut

Kronologi Truk Pengangkut Semen Tercebur ke Laut Pelabuhan MerakMERAK. Pelabuhan Merak dipadati pemudik pada H-2 Lebaran 2018. Foto Twitter @NTMCLantasPolri

Hingga Kamis (29/12/2022) pagi, truk tersebut masih berada di dalam laut, kemungkinan evakuasi ini akan dilakukan besok pagi lantaran harus menggunakan alat berat.

Baca Juga: Rekomendasi Mentai dan Sushi Enak di Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya