Langganan Banjir, Drainase 3 Jalan Jadi Perhatian Pemkot Tangerang

Jalan MH Thamrin Cikokol sering banjir belakangan waktu ini

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan memperbaiki drainase di tiga jalan raya Kota Tangerang. Selama ini, ketiga jalan raya itu langganan banjir.

Ketiga jalan raya tersebut ialah Jalan Hasyim Ashari Cipondoh, Jalan Teuku Umar Karawaci dan Jalan Thamrin Cikokol.

Baca Juga: Masih Lebaran, 7 Wilayah Kota Tangerang Terendam Banjir

1. Pemkot Tangerang Akan menyurati Pemprov

Langganan Banjir, Drainase 3 Jalan Jadi Perhatian Pemkot TangerangGubernur Banten, Wahidin Halim (IDN Times/khaerul anwar)

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) PUPR Dody Adriansyah mengaku sudah meninjau tiga ruas jalan tersebut. Bersama Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, PUPR segera mengambil langkah-langkah penanganan.

"Untuk Jalan Hasyim Ashari Cipondoh dan Jalan Thamrin Cikokol sebagai jalan Provinsi Banten, PUPR langsung akan menyurati Provinsi untuk menjalin komunikasi lebih lanjut terkait penanganan banjir di Jalan Hasyim Ashari ini mau seperti apa dan bagaimana secepatnya," ungkap Dody, saat dihubungi, Kamis (5/5/2022).

2. Aliran air akan dibuang ke Sungai Cisadane

Langganan Banjir, Drainase 3 Jalan Jadi Perhatian Pemkot TangerangPerumahan di samping Sungai Cisadane, Suradita, Kabupaten Tangerang, Banten. (IDN Times/Herka Yanis P.)

Lebih lanjut dia menjelaskan kondisi Jalan Hasyim Ashari Cipondoh. Jalan ini kerap dilanda banjir lokal dengan genangan setinggi 30 centimeter (cm). "Langkahnya kami sudah menyurati Provinsi serta berharap segera direspon dan ditindaklanjuti oleh Provinsi," imbuhnya.

Sementra Jalan Thamrin biasanya dilanda genangan setinggi 20 cm. Untuk jalan ini, pihaknya akan memperbaiki atau membersihkan drainase.

"Jalan Thamrin, Bidang Perencanaan Teknis akan memecah jalur arus air genangan. Sehingga jika hujan lokal dan adanya kiriman arus air, jalannya air genangan bisa lebih cepat dan lancar ke Cisadane," jelasnya.

3 Pemkot Tangerang meminta semua pihak menjaga kebersihan drainase

Langganan Banjir, Drainase 3 Jalan Jadi Perhatian Pemkot TangerangIlustrasi drainase. (berita.kedirikab.go.id)

Sementara itu, saat menyusuri Jalan Teungku Umar, petugas menemukan sejumlah kendala, yakni drainase yang terhambat sampah, dan ada sumbatan sampah bekas utilitas.

Untuk itu, PUPR akan menyurati pihak terkait sehingga mereka menyelesaikan atau membersihkan sumbatan tersebut. Pihaknya memberi target, Selasa (10/5/2022), masalah itu sudah selesai.

"Selanjutnya, PUPR membersihkan drainase tersebut, sehingga lebih lancar aliran air yang masuk," kata dia.

Masalah drainase di ketiga jalan ini perlu segera diperbaiki. Pasalnya, genangan air akibat masalah drainase itu kerap menimbulkan kemacetan panjang. "Jika hujan lebat dan banjir. Maka ini harus ditangani bersama," tegasnya.

Ia berharap, semua pihak dapat segera bekerja sama untuk menyelesaikan langganan banjir ditiga jalan raya ini. "Masyarakat pun kami imbau untuk lagi-lagi peduli akan kebersihan drainase yang ada di lingkungannya. Sehingga banjir dapat dicegah dengan poal hidup bersih dan sehat," ungkapnya.

Baca Juga: Survei: Kota Tangerang Masuk 100 Kota Antibodi Tertinggi di Indonesia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya