Comscore Tracker

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New Normal

Hidup di era new normal, seperti apa ya?~

Tangerang, IDN Times - Penanganan dan pencegahan virus corona baru atau COVID-19 di Provinsi Banten masih terus berlanjut. Di wilayah Tangerang Raya, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diperpanjang. 

Tangerang Raya yang meliputi Kota dan Kabupaten Tangerang serta Kota Tangerang Selatan, PSBB masuk jilid ketiga di tengah pandemik COVID-19. Tak hanya PSBB, warga juga bersiap menghadapi skenario tatanan hidup baru atau new normal

Lalu bagaimana dan apa saja yang terjadi selama PSBB jilid III yang berlangsung sejak 18 Mei 2020 itu?

Baca Juga: [FOTO] Potret Religi Jelang Era New Normal Banten

7 Juni 2020: bocah di Pandeglang tertular COVID-19 dari pemudik

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalCoronavirus (Wikipedia/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image Library)

Seorang anak laki-laki berusia enam tahun asal Kecamatan Kadu Hejo, Kabupaten Pandeglang, terkonfirmasi positif COVID0-19. Pasien berstatus orang tanpa gejala (OTG) dari kalangan anak ini menjadi kasus yang pertama di Pandeglang.

"Pasien ini adalah OTG berusia enam tahun laki-laki dan ini pasien anak pertama di Pandeglang," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pandeglang, Ahmad Sulaeman, Minggu (7/6).

6 Juni 2020: permudah pelayanan di masa pandemik, AP II siapkan pelayanan digital, Tangsel tolak ratusan pemohon SIKM

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalPT Angkasa Pura II keluarkan prosedur baru penerbangan untuk penumpang (Dok.IDN Times/Istimewa)

PT Angkasa Pura II (Persero) tengah menyiapkan Pre-Clearance Document Information System untuk pengecekan dokumen perjalanan penumpang pesawat rute domestik secara digital. Sistem itu diharapkan bisa mengurangi penyebaran COVID-19 di sekitar bandara.

Nantinya, di tengah pandemik ini setiap calon penumpang pesawat rute domestik harus memiliki dokumen tambahan yang dipersyaratkan untuk dapat melakukan perjalanan. Saat ini pengecekan dokumen dilakukan di bandara, dan PT Angkasa Pura II tengah membangun sistem agar pengecekan dilakukan secara digital.

6 Juni 2020: Pemkot Tangsel tolak ratusan permohonan SIKM. Kenapa?

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalPemeriksaan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) bagi mobil dengan pelat nomor luar daerah (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Ratusan pemohon gagal mendapatkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) karena ditolak oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan, melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel). DPMPTSP merupakan  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berwenang mengeluarkan SIKM.

"Yang mengajukan itu per tanggal 4 kemarin ada 221 pemohon. Yang kami cetak ada 33, sisanya kami tolak. Rata-rata mereka (yang ditolak) tidak melampirkan hasil rapid test," kata Kepala Bidang (Kabid) Sosial Budaya pada DPMPTSP Kota Tangsel Sapto, Sabtu (6/6).

5 Juni 2020: jelang new normal, Kapolda Banten tinjau mal

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalHumas Polda Banten

Jelang penerapan tatanan hidup baru atau new normal, Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar meninjau satu pusat perbelanjaan di Serang, hari ini. Aparat mengecek kesiapan pengelola mal dalam menerapkan protokol kesehatan. 

Salah satu yang dikunjungi Kapolda adalah Mall Of Serang (MOS). "Tujuan saya datang ke sini untuk pastikan apakah pengelola MOS sudah mempersiapkan SOP protokol kesehatan secara maksimal sekaligus mengecek kesiapsiagaan personel baik dari TNI dan Polri " kata Fiandar, seperti dikutip dari Antara, Jumat (5/6).

Pemantauan yang dilakukan Kapolda Banten didampingi Danrem 064/Maulana Yusuf Kolonel Czi Gumuruh Winardjatmiko , Dandim 0602/Serang Kolonel Inf. Mudjiharto, Walikota Serang H. Syafrudin serta unsur Forkopimda Kota Serang.

4 Juni 2020: Pemkot Tangerang akan gunakan alat PCR, tapi kekurangan reagen

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalIlustrasi. Pengoperasian laboratorium PCR COVID-19 (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, sebagai langkah antisipasi dan untuk mendapatkan data yang akurat tentang masyarakat yang terdampak COVID-19, Pemkot Tangerang menyiapkan dua alat tes di Labkesda Kota Tangerang. Menurut Arief, kedua alat yang dia miliki adalah Tes Cepat Molekuler (TCM) dan Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Untuk TCM, hasilnya bisa lebih cepat dibanding PCR," ucap Arief, Kamis (4/6).

Arief mengatakan, masih ada kendala dalam pemanfaatan PCR karena terbatasnya jumlah reagen. Padahal, imbuhnya, komponen reagen penting agar alat tes PCR dapat digunakan.

Reagen adalah ekstraksi yang digunakan dalam pengecekan spesimen. Reagen berisi sejumlah senyawa kimia untuk mendeteksi virus corona tipe baru (SARS-CoV-2), penyebab penyakit COVID-19.

"Untuk sekarang kita cuma memiliki 311 reagen, yang diprioritaskan untuk pasien yang saat ini berstatus positif," katanya. 

Saat ini, kata dia, ada 133 pasien yang masih positif. Untuk hasil yang akurat, tes menggunakan PCR harus dilakukan dua kali. 

3 Juni 2020: Rumah ibadah dibuka bertahap jelang new normal

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalIlustrasi. Suasana salat Jumat pertama di masjid, Jumat (5/6). IDN Times/Istimewa

Pemerintah Kota Tangerang akan membuka tempat ibadah secara bertahap. Pengurus tempat ibadah dan warga diminta mematuhi protokol kesehatan COVID- 19.

"Rumah ibadah di Kota Tangerang dibuka bertahap, menyesuaikan dengan kesiapan masing-masing pengurus untuk menerapkan protokol kesehatan," kata Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah usai meninjau kesiapan rumah ibadah di Kota Tangerang, seperti dikutip dari Antara, Rabu (3/6).

Pemerintah Kota Tangerang telah memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sesuai dengan Keputusan Gubernur Banten Nomor 443/Kep. 161-Huk/2020 tentang Penetapan Perpanjangan Tahap Ketiga PSBB di Tangerang Raya.

Menurut Arief, PSBB kali ini berbeda karena Pemerintah Kota Tangerang telah memberikan kelonggaran dengan membuka kembali rumah-rumah ibadah yang berada di Kota Tangerang sesuai dengan Surat Edaran (SE) Wali Kota Tangerang Nomor 451/1435-Bag.Kesra/2020.

"Kami sudah memberikan kelonggaran khusus tempat beribadah akan kami buka tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19," jelas Arief.

2 Juni 2020: Pemerintah batalkan keberangkatan haji tahun ini

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalJemaah haji Indonesia pada musim haji 1440H. Dok. Kemenag

Kementerian Agama RI, membatalkan keberangkatan haji tahun ini. Keputusan ini diambil setelah Kemenag sempat mengundurkan beberapa kali jadwal keputusan pelaksanaan ibadah haji 2020.

"Pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah Haji pada tahun 2020," ujar Menag Fachrul Razi, melalui konferensi pers daring, Selasa pagi (2/6).

Ia menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil karena hingga hari ini pihak Arab Saudi tidak membuka akses pelaksanaan haji 2020 untuk seluruh negara di dunia akibat pandemik COVID-19.

Untuk itu pemerintah menganggap tidak lagi ada waktu yang cukup untuk menunggu kelanjutan keputusan Arab Saudi. "Sebab, tanggal 26 Juni telah disepakati sebagai jadwal pemberangkatan awal jemaah haji Indonesia," katanya.

Ia mengatakan keputusan ini diambil setelah melakukan komunikasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Komisi VIII DPR RI.

1 Juni 2020: Kendaraan menuju Jakarta H+7 Lebaran turun 70 persen

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalSejumlah pengendara mengalami kemacetan lalu lintas di Tol Dalam Kota dan Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta, Senin (18/5/2020) (ANTARA FOTO/Rifki N)

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono menyebutkan jumlah arus balik menuju Jakarta tahun 2020 turun hingga 70 persen dibanding tahun lalu.

Kondisi ini terjadi setelah pemerintah melarang aktivitas arus mudik dan arus balik tahun ini guna untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Istiono menjelaskan, arus balik yang dimulai dari tanggal 25 Mei hingga saat ini, Senin (1/6) atau H+7 lebaran kendaraan dari Lampung dan Banten menuju arah Jakarta turun 55 persen. Sementara dari wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah mengalami penurunan hingga 83 persen.

"Untuk kendaraan yang diputarbalikan selama arus balik dari Jawa Timur sampai Lampung sebanyak 45 ribu kendaraan," kata Kakorlantas saat meninjau lalu lintas di Pantai Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

31 Mei 2020: PSBB Tangerang Raya diperpanjang!

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalInstagram/pemprov.banten

Pemerintah Provinsi Banten akan meneruskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Tangerang Raya. Gubernur Banten Wahidin Halim menyebut, PSBB akan dilanjutkan hingga 15 Juni mendatang untuk menyiapkan warga menghadapi new normal. 

“PSBB ini dimaksudkan membiasakan masyarakat untuk sadar sehingga menjadi suatu budaya. Suatu new normal itu memang harus melalui institusionalisasi dan internalisasi. Ini merupakan bagian dari perubahan sosial dan budaya,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) dalam keterangan pers yang diterima Minggu (31/5).

Hal itu diputuskan setelah WH menggelar teleconference persiapan PSBB lanjutan di wilayah Tangerang Raya pada Sabtu (30/5).

Baca Juga: Bersiap New Normal, PSBB Tangerang Raya Dilanjutkan Sampai 15 Juni

31 Mei 2020: 41 anak di Banten terinfeksi corona

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalIlustrasi perlindungan bayi dari COVID-19 (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Provinsi Banten mencatat 41 anak terinfeksi virus corona atau COVID-19. Mereka tersebar di wilayah Tangerang Raya meliputi kota Tangerang, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Dari data yang dirilis gugus tugas, adapun rincian jumlah kasus usia anak positif corona yang pertama di Kota Tangerang berjumlah 24 kasus, Tangerang Selatan enam kasus dan Kabupaten Tangerang mencapai 11 kasus.

30 Mei 2020: di tengah wabah, warga adat suku Baduy tetap jalani ritual Seba

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalWarga Baduy berjalan kaki demi silaturahmi (Antaranews)

Warga suku adat Baduy Dalam berjalan kaki hingga puluhan kilometer (km) demi bisa bersilaturahmi dengan Bupati Lebak Iti Octavia dan Gubernur Banten Wahidin Halim, serta pejabat setempat. Hal itu merupakan bagian dari perayaan Seba yang digelar pada Sabtu (30/5) nanti malam.

Empat warga Baduy Dalam yang tinggal di Kampung Cikeusik Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak berjalan kaki melintasi Kecamatan Cimarga menuju Kota Rangkasbitung.

29 Mei 2020: Wakil Wali Kota Tangsel diduga langgar PSBB

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalInstagram: Tangsel_update

Sebuah foto Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie bersama beberapa pejabat Kota Tangsel lainnya beredar. Hal yang menjadi perhatian itu adalah Benyamin tampak sedang berkumpul bersama lebih dari 10 orang di Jombang, Ciputat, Kamis, (28/5), tanpa menjaga jarak.

Foto yang beredar luas di media sosial itu kemudian dibenarkan oleh Kabid Penegakan Umum Dan Perundang-undangan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tangsel, Sapta Mulyana saat dikonfirmasi pada Jumat (29/5).

Di hari yang sama, sejak Ombudsman RI Perwakilan Banten membuka posko pengaduan melalui media daring (online) bagi masyarakat terdampak pandemik virus corona atau COVID-19 pada 29 April yang lalu, laporan yang masuk mayoritas terkait permasalahan bansos dari pemerintah.

Hingga pada saat ini, Ombudsman Banten menerima 116 laporan atau pengaduan. Sebanyak 105 aduan atau lebih dari 90 persen terkait bansos bagi warga terdampak COVID-19. Sisanya, layanan keuangan sebanyak 8 laporan dan layanan kesehatan 2 laporan serta layanan transportasi sebanyak 1 laporan.

"Jumlah pengaduan yang diterima Ombudsman Banten merupakan jumlah aduan tertinggi secara nasional," kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten, Dedy Irsan melalui siaran pers, Jumat (29/5).

28 Mei 2020: Gubernur minta pencari kerja tidak datang ke Banten

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalInstagram/pemprov.banten

Gubernur Banten Wahidin Halim meminta para pencari kerja dari luar daerah tidak datang ke Banten pasca libur lebaran. Menurut dia, masih banyak warga Banten yang tidak memiliki pekerjaan. 

Bahkan, kata dia, sejak pandemik virus corona atau COVID-19 banyak pekerja yang dirumahkan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), per Februari 2020, angka pengangguran di Banten menjadi 8,01 persen atau totalnya sebanyak 489.216 orang. Jumlah ini menjadikan Banten menempati posisi tertinggi jumlah pengangguran di Indinesia.

"Jangan mencari kerja di Banten. Saat ini Banten sedang sulit lowongan kerja," kata Wahidin Halim melalui pers rilis, Kamis (28/4).

Baca Juga: Catat! Sistem Kerja Baru Bagi PNS di Era New Normal

27 Mei 2020: objek wisata ramai oleh warga yang mengisi liburan usai Lebaran

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalSejumlah wisatawan memanfaatkan waktu usai berlebaran dengan rekreasi di Pantai Sambolo Anyer, Serang (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sejumlah kawasan wisata pantai di Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang tampak didatangi warga di tengah libur Idulfitri, Rabu (27/5). Tempat wisata yang masih nekat buka itu, antara lain: Pantai Lagundi, Pantai Lippo, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Karang Sari.

Padahal, Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Pariwisata sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 556/-Dispar/2020 tertanggal 24 Mei 2020 yang berisi agar objek wisata dan hotel untuk tutup sementara sampai wabah COVID-19 dinyatakan aman.

Warga yang berwisata ke pantai itu mengaku tidak tahu ada larangan pemerintah untuk mengunjungi tempat wisata. 

Baca Juga: Pasca Lebaran, Lokasi Wisata di Pandeglang Ini Nekat Buka

27 Mei 2020: Tangerang Raya dan Serang akan terapkan new normal

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalJaga jarak saat beribadah di masjid (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) kini tengah menyusun regulasi terkait wacana new normal yang akan diterapkan pemerintah pusat, salah satunya persiapan pengoperasian mal kembali.

"Kami sedang menyiapkan sebuah regulasi melalui Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan)," kata Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, Rabu (27/5).

Di hari yang sama, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya sedang merancang skema penerapan new normal atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemik COVID-19.

Menurut Arief, sanksi pun tetap akan diberlakukan bagi pelanggar protokol kesehatan di masa new normal itu. 

"Sanksi akan terus ada sampai wabah ini benar-benar berakhir. Kita sekarang lagi siapkan konsepnya," kata Arief, Rabu (27/5). 

Serupa dengan wilayah Tangerang, wilayah ibu kota Provinsi Banten yakni Pemerintah Kota (Pemkot) Serang siap menerapkan pemberlakuan kebijakan penanganan COVID-19 dengan konsep kenormalan baru atau new normal di tengah pandemik COVID-19.

"Sesuai arahan dari Pak Presiden RI untuk menuju new normal harus melewati beberapa pase. Dan kita juga sudah melihat panduan dari Kemenkes. Kalau lihat dari panduanya, untuk Kota Serang sendiri lebih siap," kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Serang, Hari W Pamungkas, seperti ditulis kantor berita Antara, Rabu (27/5).

Baca Juga: Kasus Positif COVID-19 di Lebak Jadi 2

Baca Juga: [LINIMASA] Wabah COVID-19 Hantui Warga Banten

26 Mei 2020: Kemenkes RI merilis aturan dan panduan new normal di tempat kerja

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalIlustrasi (IDN Times/Uni Lubis)

Pemerintah pusat tengah menyiapkan skenario new normal di tengah pandemik COVID-19. Kementerian Kesehatan RI kemudian merilis panduan hidup new normal, khususnya di tempat kerja. 

Hal itu berkaitan dengan usainya libur Lebaran di mana sebagian pekerja mulai berkantor. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, bahwa dunia usaha dan masyarakat pekerja punya kontribusi besar untuk memutus penularan COVID-19 karena banyaknya populasi pekerja dan mobilitasnya.

“Tempat kerja sebagai lokus interaksi dan berkumpulnya orang merupakan faktor risiko yang perlu diantisipasi penularannya,” kata Terawan, akhir pekan lalu. 

Aturan Kemenkes RI itu mengatur berbagai hal, termasuk Kebijakan Manajemen dalam Pencegahan Penularan COVID-19 hingga Sosialisasi dan Edukasi pekerja mengenai COVID-19. Baca selengkapnya di link berita: Catat! Panduan Lengkap Kemenkes New Normal di Tempat Kerja.

Baca Juga: Catat! Panduan Lengkap Kemenkes New Normal di Tempat Kerja

23 Mei 2020: Jelang lebaran, Wali Kota Tangerang minta warganya tak takbir keliling di masa PSBB

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalIDN Times/Muhamad Iqbal

Pemerintah Kota Tangerang mengimbau kembali agar masyarakat tidak melakukan takbir keliling di tengah pandemik COVID-19. Wali Kota Arief R Wismansyah menegaskan, Tangerang masih masuk zona Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

"Untuk mencegah terjadinya kerumunan, kemacetan, dan kecelakaan yang bisa merugikan banyak orang dan menghambat penyebaran COVID-19," ujar Wali Kota, seperti dikutip dari Antara (23/5).

Arief melanjutkan, warga sebaiknya takbirannya bersama keluarga di rumah masing-masing. "Jadi, bisa mengurangi hal-hal yang sifatnya berlebihan," kata dia.

22 Mei 2020: Lebak umumkan kasus positif COVID-19 pertama

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalHasil rapid test karyawan dan pengunjung pusat perbelanjaan Tulungagung. (Dok Istimewa)

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak, Firman Rahmatullah memastikan, adanya salah satu pasien dari Lebak, Banten yang kini menjalani perawatan di RSUD Banten terkonfirmasi positif COVID-19 benar adanya.

“Betul, saya dapat kabar dari Tim Surveilans yang dihubungi oleh pihak Dinas Kesehatan Provinsi Banten,” kata Firman kepada, Kamis (21/5).

Baca Juga: Lebak Laporkan Pasien 01 Positif COVID-19 

21 Mei 2020: Dua orang yang jalani rapid test di Stasiun Rangkasbitung hasilnya reaktif

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalIDN Times/Muhamad Iqbal

Hasil tes cepat COVID-19 yang dilakukan Dinas Kesehatan Lebak pada pengunjung Pasar Rangkasbitung dan penumpang Commuterline di Stasiun Rangkasbitung, menunjukkan dua orang reaktif.

"Kedua orang itu diambil sampel cairan dari tenggorokan dan hidung untuk dilakukan pemeriksaan swab dengan metode PCR (polymerase chain reaction) melalui Balitbangkes Kementerian Kesehatan, Jakarta," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah seperti ditulis kantor berita Antara, Rabu (20/5).

Baca Juga: Penumpang KRL Rangkasbitung di Rapid Test, Dua Warga Reaktif COVID-19 

20 Mei 2020: 300 penumpang KRL di Rangkasbitung jalani rapid test

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalSejumlah penumpang menggunakan masker dan duduk berjarak di dalam gerbong KRL Commuter Line, Stasiun Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). ANTARA/Arif Firmansyah

Penumpang KRL Commuter Line menjalani rapid test Covid-19 di Stasiun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Rabu (20/5). Dalam kegiatan itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak menyiapkan 300 alat rapid test.

“Penumpang yang baru turun dari KRL kami arahkan untuk menjalani rapid test, tetapi kami tidak memaksa jadi atas kemauan sendiri,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lebak, Triatno Supiyono. 

19 Mei 2020: Viral! Mal CBD Ciledug disesaki pengunjung di masa PSBB, ribuan orang kena PHK pulang dari Sumatera

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalCBD Mal Ciledug Ditutup (Dok. Polsek Ciledug)

Pusat pembelanjaan CBD Ciledug, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang menjadi kini tengah menjadi sorotan publik. Lantaran pusat perbelanjaan itu masih beroperasi. Bahkan, mal ini diserbu dan dijejali pengunjung.

Sementara itu, Kepala Bidang Penegakan Hukum Satpol PP Kota Tangerang, Ghufron Falfeli menyatakan pihaknya akan memberi sanksi tegas. 

"Kita sudah peringatkan secara tertulis kepada pengelola untuk mengikuti aturan PSBB, tutup sementara," kata Ghufron, Selasa (17/5).

Atas kejadian itu, mal tersebut kemudian ditutup oprasionalnya oleh Pemkot Tangerang.

Di hari yang sama, Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Banten Kombes Pol Wibowo menyebut, ribuan orang yang mayoritas menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) diseberangkan dari Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Bakauhuni ke Merak.

“Sampai dengan tadi malam sudah 1.063 orang yang sudah melakukan perjalanan dari wilayah Sumatera menggunakan pelabuhan Bakauhuni ke wilayah Jawa melalui Pelabuhan Merak. Sudah dua hari ini,” kata Wibowo, Selasa (19/5).

18 Mei 2020: Dindik Kota Tangerang siapkan skema belajar di kelas kembali

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalIlustrasi belajar di rumah (IDN Times/Rochmanudin)

Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang menyiapkan skenario untuk kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini untuk menyikapi kejenuhan para siswa yang belajar di rumah akibat pandemi COVID-19.

"Kami sedang menyiapkan skenarionya untuk siswa belajar di kelas. Sistem belajarnya kombinasi bisa daring (online) dan luring (offline)," kata Jamaludin, Sekretaris Dindik Kota Tangerang, Senin (18/5).

18 Mei 2020: Gubernur perpanjang PSBB Tangerang Raya

[LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New NormalIDN Times/Candra Irawan

Gubernur Banten Wahidin Halim mengeluarkan surat keputusan Nomor 443.Kep.157-Huk/2020 tentang penetapan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Tangerang Raya.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie membenarkan perpanjangan masa PSBB itu. Benyamin mengatakan, surat Keputusan Wali Kota terkait perpanjangan PSBB itu telah ditandatangani.

"Sesuai dengan Keputusan Gubernur, dari tanggal 18 Mei sampai 31 Mei," kata Benyamin saat dihubungi, Minggu (17/5).

Baca Juga: Gubernur Banten Perpanjang PSBB Tangerang Raya Sampai 31 Mei

Topic:

  • Muhammad Iqbal
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya