Menteri BUMN Erick Thohir Miliki Garis Keturunan Sultan Banten

Hal itu diungkap saat kedatangannya ke Banten

Serang, IDN Times - Ketua Umum Dewan Pembina Kasepuhan Kenadziran Kesultanan Banten, KH Tubagus Ahmad Syadzili Washi mengatakan, garis keturunan Menteri BUMN Erick Thohir berkaitan erat dengan Kesultanan Banten.

"Pak Menteri berkisah leluhurnya berasal dari Gunung Sugih, di sana ada kampung bernama Rumbih. Ternyata Gunung Sugih, Lampung, memiliki sejarah tersendiri bagi keluarga keturunan Kesultanan Banten," kata Syadzili dalam keterangannya, Minggu (3/10/2021).

1. Diketahui dari hikayat upaya penyebaran Islam Sultan Banten ke Sumatera

Menteri BUMN Erick Thohir Miliki Garis Keturunan Sultan BantenMasjid Agung Kesultanan Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Hal itu dikatakan Ahmad Syadzili Washi saat menerima kunjungan Menteri BUMN Erick Thohir, di Banten.

Ia menjelaskan, kampung di dekat Gunung Sugih dibuka Pangeran Ariya Dhillah memiliki julukan Pangeran Sangga Wulung Langlang Buana. Sang pangeran yang membabat alas wilayah tersebut.

Syadzili yang akrab panggil Abah Haji Li menceritakan, saat itu Pangeran Ariya Dhillah ditugaskan ayahandanya, Sultan Maulana Hassanudin ke Barat untuk menyebarkan agama Islam.

"Ketika itu belum ada nama Lampung. Pangeran lalu pergi ke Sumatera dan berhenti ketika berjumpa sungai besar setelah melewati Gunung Sugih," ujarnya.

Menurut dia, pangeran dan pasukannya tinggal untuk menetap sementara, serta menikah dengan penduduk setempat dengan tujuan agar keturunan daerah tersebut memiliki '"jejeg" Banten atau darah Banten.

2. Erick disebut keturunan ke-13

Menteri BUMN Erick Thohir Miliki Garis Keturunan Sultan BantenMenteri BUMN Erick Thohir ketika menerima penghargaan dari petinggi adat marga Dantaran (www.instagram.com/@erickthohir)

Ketua Umum DPP Generasi Muda Mathla'ul Anwar Ahmad Nawawi menjelaskan, dari Gunung Sugih, Pangeran Ariya Dhillah melanjutkan perjalanan hingga ke Palembang, Sumatera Selatan.

"Karena itu, nama Ariya Dhillah juga akrab dan dihormati oleh masyarakat Sumatera Selatan," katanya.

Sekretaris Jenderal Dewan Pembina Kasepuhan Kenadziran Kesultanan Banten, H Tubagus M Hasan Fuad mengatakan, diperlukan verifikasi untuk memastikan Erick Thohir benar-benar keturunan Sultan Banten.

"Apabila dilihat dari zaman sekarang, Pak Erick keturunan ketiga belas atau keempat belas," kata Fuad.

Menurut dia, saat ini keturunan Kesultanan Banten memang tersebar ke seluruh pelosok nusantara, dan lazimnya mereka bergelar Ratu, Tubagus, Entol, atau Mas.

Namun dia menjelaskan, di era kolonial, banyak keturunan asli sultan melepas gelar dari namanya untuk menghindari permusuhan dengan Belanda.

3. Raut wajah keturunan sultan Banten memiliki khas seperti orang Arab

Menteri BUMN Erick Thohir Miliki Garis Keturunan Sultan BantenMenteri BUMN Erick Thohir, dalam acara launching Warung Pangan, Kamis (16/9/2021) - (Dok. Kementerian BUMN)

Menurut Fuad, keturunan Sultan Banten memiliki raut wajah yang khas yaitu campuran Arab, Sunda, dan China. Dia mengaku bangga apabila salah satu keturunan Sultan Banten dapat menjadi salah satu menteri di era Presiden Joko Widodo yang dihormatinya.

"Kami meyakini suatu saat akan ada keturunan Sultan Banten yang menjadi tokoh nasional. Tokoh itu akan mewujudkan cita-cita Sultan Banten mewujudkan masyarakat yang adil dalam kesejahteraan dan sejahtera dalam keadilan," ujarnya.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan akan merunut dulu ke leluhur keluarga di Lampung, dan apabila benar, maka dirinya merasa berbangga dapat menjadi bagian dari keluarga Kesultanan Banten.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir melakukan kunjungan ke Banten pada Jumat (1/10/2021), dan menyempatkan diri Salat Jumat dan berziarah ke Masjid Agung Banten Lama, Kesultanan Banten.

Dalam ziarah tersebut, Erick ditemani Ketua Umum DPP Generasi Muda Mathla'ul Anwar Ahmad Nawawi, Ketua Umum PB Mathla'ul Anwar KH. Embay Mulya Syarief dan Komisaris PT Angkasapura II Tubagus Fiki C Satari.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya