Musim Penghujan, Dinkes Tangsel Minta Warga Peduli Lingkungan

Kalau butuh fogging tinggal hubungi Dinkes, ya!

Tangerang Selatan, IDN Times - Memasuki musim penghujan, Pelaksana Teknis (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan (Dinkes Tangsel), Deden Deni, mengingatkan warga agar lebih peduli terhadap lingkungan. Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Selain COVID-19, masyarakat juga sekarang dituntut peduli terhadap lingkungannya terkait dengan sanitasi dan kesehatan lingkungan. Sudah masuk musim hujan, biasanya diikuti beberapa penyakit seperti DBD dan Chikungunya," kata Deden Deni kepada wartawan, Selasa (10/11/2020).

1. Dinkes klaim sudah lakukan berbagai upaya cegah DBD

Musim Penghujan, Dinkes Tangsel Minta Warga Peduli LingkunganPasien DBD (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Deden menegaskan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka penyebaran penyakit dari nyamuk aedes aegypti. Salah satunya lewat penyuluhan.

"Kita sudah antisipasi dengan aktivasi Juru Pemantau Jentik (Jumantik). Penyuluhan edukasi kepada warga tetap berjalan, sebelum dan sesudah masuk musim hujan," tegasnya.

Baca Juga: Penderita DBD Sumsel Turun Sejak Pandemik, Dinkes Ungap 2 Alasan

2. Warga cukup hubungi Dinkes untuk fogging

Musim Penghujan, Dinkes Tangsel Minta Warga Peduli LingkunganIDN Times/Wayan Antara

Deden juga mengatakan, jika masyarakat memerlukan fogging bisa langsung menghubungi Dinkes Tangsel.

"Langkahnya dalam hal pencegahan penyakit DBD, kami sudah antisipasi di dinas juga. Seandainya dibutuhkan fogging, kami siap. Tapi yang lebih efektif dengan berantas sarang nyamuk," kata dia.

3. Sebut kasus DBD di Tangsel tak begitu banyak

Musim Penghujan, Dinkes Tangsel Minta Warga Peduli LingkunganIlustrasi Demam (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Deden, kasus DBD di Kota Tangsel tidak begitu banyak. Namun masyarakat perlu waspada terhadap penyebaran penyakit tersebut.

"Relatif tidak banyak, mudah-mudahan sih tidak banyak. Tapi kita tetap antisipasi dan warga harus lebih peduli terhadap lingkungannya, itu saja kuncinya. Menguras, menutup, dan menimbun, menjadi kewajiban kita bersama. Minimal satu rumah satu jumantik," tandasnya.

Baca Juga: Musim Hujan Segera Tiba, Cegah DBD dengan 9 Cara Ini

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya