Nelayan Banten Hilang di Perairan Carita

Korban hilang saat melaut

Pandeglang, IDN Times - Seorang anak buah kapal (ABK) bernama Saad (55) terjatuh dan hilang di laut perairan Pasaruan, Carita, Pandeglang. Hingga Kamis (28/3/2024), korban belum ditemukan. 

Peristiwa itu terjadi pada Senin (26/3/2024) sekitar pukul 09.00 WIB. Awalnya korban berangkat bersama tujuh rekannya sekitar pukul 05.30 WIB melaut menggunakan Kapal KM Karisma jenis payang dan berlayar menuju Perairan Pasauran.

Setibanya di tempat kejadian perkara (TKP) dengan perkiraan 600 meter dari daratan, awak kapal tersebut langsung menebar jaring alat tangkap ikan.

“Setelah selesai menebar jaring, saudara Kasim (saksi yang merupakan awak kapal) melihat salah satu ABK yang terjatuh ke laut dan diduga karena terpeleset,” kata Kepala Seksi Operasi Basarnas Banten, Heru Amir dalam keterangannya, Kamis (28/3/2024).

1. Saad sempat terlepas dari jaring ikan

Nelayan Banten Hilang di Perairan Caritailustrasi nelayan (IDN Times/Ayu Afria)

Melihat korban terjatuh, rekan korban segara menolong dengan menarik jaring agar korban dapat diselamatkan.

“Namun pada saat menarik jaring korban terlepas dari jaring,” kata dia.

2. Basarnas mencari korban

Nelayan Banten Hilang di Perairan CaritaIlustrasi Nelayan (Dok. Basarnas Makassar)

Lalu, lanjut Heru, para ABK lainnya mencari korban sampai pukul 13.30 WIB, namun korban belum juga ditemukan.

Menindaklanjuti laporan tersebut, lanjut Heru, kantor Pencarian dan Pertolongan Banten 1 Tim langsung menerjunkan personel untuk mencari nelayan asal Kampung Kacapi, Desa Banjarmasin, Kecamatan Carita itu.

"Pencarian H1 Operasi SAR, Tim menggunakan perahu karet dan motor tempel sejauh tiga kilometer dan melakukan pemantauan menggunakan drone di sekitaran TKP," kata Heru.

Baca Juga: Rifki Hermiansyah Digadang Maju Pilkada Pandeglang 2024

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya