Panas Ekstrem, Pemudik di Kota Tangerang Keluhkan Sakit Kepala

Mereka juga mengeluhkan mual hingga lemas

Kota Tangerang, IDN Times - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menyebut, pemudik yang datang untuk memeriksa kesehatan di posko arus mudik,  umumnya mengeluhkan sakit kepala, mual, dan lemas.

Salah satu sebabnya adalah cuaca panas ekstrem yang tengah melanda wilayah Indonesia secara umum.

"Karena cuaca dan juga kepadatan lalu lintas, pemudik mengeluhkan lemas dan sakit kepala. Kami sudah siapkan obat dan langsung diberikan kepada pemudik," kata petugas pelayanan PMI Kota Tangerang, Riza Dwi Rahma dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (25/4/2023).

Baca Juga: BMKG: April-Juni Puncak Cuaca Panas di Indonesia  

1. PMI Kota Tangerang juga menangani korban kecelakaan lalu lintas

Panas Ekstrem, Pemudik di Kota Tangerang Keluhkan Sakit Kepala Ilustrasi kecelakaan (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara, Noro Pringgo selaku koordinator lapangan PMI Kota Tangerang menambahkan, pihaknya juga tak hanya memberikan pelayanan di tempat, tetapi juga memberi rujukan kepada pemudik yang membutuhkan penanganan khusus.

Ia menjelaskan sudah ada ratusan pemudik yang dilayani sepanjang mudik Lebaran ini. Bahkan PMI juga membantu adanya kejadian kecelakaan lalu lintas.

"Kami siagakan petugas apalagi saat proses arus balik ini," ujarnya.

2. Ambulans juga disiapkan

Panas Ekstrem, Pemudik di Kota Tangerang Keluhkan Sakit Kepala Ilustrasi Ambulans (IDN Times/Aryodamar)

Ketua PMI Kota Tangerang yakni Oman Jumansyah mengungkapkan, pihaknya sudah mendirikan enam Posko Siaga Lebaran, yaitu di Pos Terminal Poris Plawad, Pos Batuceper, Pos Robinson, Pos Jatiuwung dan Pos Rest Area 13,5 dan juga pos Markas PMI.

PMI Kota Tangerang juga menyiagakan lima sampai enam personel, dan tiga mobil ambulans, dua mobil jenazah serta dua unit motor.

"Posko ini untuk membantu warga agar mendapatkan pelayanan dan melakukan perjalanan mudik dengan aman, sehat dan nyaman," ucapnya.

3. Waspada! cuaca ekstrem bisa mengganggu kesehatan saat arus mudik

Panas Ekstrem, Pemudik di Kota Tangerang Keluhkan Sakit Kepala Ilustrasi kemarau (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Cuaca ekstrem berisiko mengganggu kesehatan para pemudik pada arus mudik Lebaran Idulfitri 1444/2023. Ikatan Dokter Indonesia mengimbau pemudik yang sakit tidak memaksakan diri untuk melakukan perjalanan.

Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar IDI, Nirwan Satria saat pembukaan posko kesehatan di Rest Area Kilometer 88A Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Kabupaten Purwakarta, Selasa (18/4/2023).

“Yang harus diwaspadai masyarakat sekarang ini cuaca ekstrem, panas tiba-tiba hujan. Perubahan cuaca ini tentu berdampak pada kesehatan,” kata Nirwan dalam keterangan persnya, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga: Puncak Arus Balik, Penumpang di Bandara Soetta Capai 159 Ribu Orang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya