Pantau Titik Banjir, Walkot Tangerang Ikut Nyemplung ke Air

Warganet: nyemplung terus tiap tahun ya Pak, berubah kaga?

Kota Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah memantau ke beberapa titik lokasi banjir di Kota Tangerang. Dalam unggahan video di akun Instagram pribadinya @ariefwismansyah nampak Arief 'nyemplung' langsung ke air dalam meninjau beberapa lokasi.

Dalam unggahan tersebut Arief mengatakan, surutnya banjir di Periuk dan Cibodas terkendala pintu air hanya terbuka tiga dari tujuh pintu. "Kami terus berupaya melakukan pemompaan untuk mengurangi intensitas air yang keluar dari sungai," kata Arief, Senin (14/11/2022).

Sementara dalam komentar pada unggarah tersebut, warganet dengan akun @memeiyh menilai wilayah tersebut terus mengalami banjir yang bahkan semakin parah.

"Nyemplung terus tiap tahun ya Pak, berubah mah kaga, makin parah iya itu wilayah. Makin ke sini makin ke sana," tulisnya.

Baca Juga: Banjir Rendam 16 Titik di Kota Tangerang

1. Intensitas hujan tinggi disebut pemicu banjir

Pantau Titik Banjir, Walkot Tangerang Ikut Nyemplung ke AirIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Sementara dalam keterangan tertulis, Arief mengungkapkan, tingginya intensitas hujan di sebagian wilayah Kota Tangerang dan juga wilayah Kabupaten Tangerang berdampak pada meningkatnya debit air yang masuk di Kali Sabi, Ledug dan Cirarab yang menjadi penampungan air.

Untuk membantu mempercepat surutnya air yang menggenangi wilayah Periuk, Pemkot Tangerang telah mengoperasikan sebanyak empat unit dari lima unit mesin pompa di wilayah Alamanda, serta membuka pintu-pintu air di sejumlah bendungan.

"Satu pompa panelnya masih terendam,kalau sudah surut nanti bisa diopersionalkan juga. Ditambah dengan pompa portable yang akan dioperasikan, di wilayah yang masih terendam," kata dia.

2. Warganet minta Arief semangat tapi berhati-hati

Pantau Titik Banjir, Walkot Tangerang Ikut Nyemplung ke AirDok. Pemkot Tangerang

Dalam kolom komentar di unggahan yang sama, akun @nurmilah183 memberikan doa dan semangat agar Arief bisa segera mengatasi banjir.

"Semoga lancar dan sukses Pak Arief, anak saya tadi pagi tidak bisa lewat berangkat sekolah akhirnya balik lagi," tulisnya.

Dalam kolom komentar tersbut juga banyak warganet yang meminta Arief berhati-hati saat berada di dalam air. Para warganet meminta Arief menaiki perahu karet dalam kunjungannya tersebut.

3. Sebanyak 16 titik di Kota Tangerang terendam banjir

Pantau Titik Banjir, Walkot Tangerang Ikut Nyemplung ke AirDok. BPBD Kota Tangerang

Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kota Tangerang dan sekitarnya, mengakibatkan sejumlah wilayah Kota Tangerang tergenang banjir pada Minggu malam (13/11/2022).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Maryono Hasan mencatat, ada 16 lokasi banjir di Kota Tangerang pada pukul 22.25 WIB. Dia merinci, Jembatan Alamanda banjir 60 centimeter (cm), Gebang Raya 40 cm-100 cm, Persada Raya 100 cm, Garden City Residence 40 cm-100 cm

Lanjutnya, air di Kali Ledug cukup tinggi disebabkan kiriman air dari Batu Belah Bogor. Air kemudian meluap sehingga banjir cukup arah menerjang wilayah Gebang Raya, seperti di wilayah Garden City Residence RW 21, RW 22 dan RW 25. Di sini, banjir merendam 532 rumah dengan ketinggian 40 sampai 100 cm.

Baca Juga: Banjir Masih Menggenang Sejumlah Titik di Kabupaten Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya