Pasien DBD dan Influenza di RS Swasta di Tangsel Membeludak

Kepala Dinkes Tangsel membenarkan kabar tersebut

Tangerang Selatan, IDN Times - Beredar foto pasien demam berdarah dengue (DBD) dan influenza di rumah sakit swasta di kawasan Bintaro, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membeludak.

Terlihat, pihak rumah sakit terpaksa menjalankan layanan perawatan sementara di area selasar.

"Memang untuk kasus influenza, yang dilaporkan oleh RS Pondok Indah ke sistem yang kami punya naik sih. Tapi minggu ke-11 ini turun," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Alin Hendalin Mahdaniar, Minggu (25/3/2024).

1. Kasus influenza terpantau naik

Pasien DBD dan Influenza di RS Swasta di Tangsel MembeludakViral gambar memperlihatkan foto RS Swasta di Tangsel penuh (Dok. Istimewa)

Alin mengaku, belum mengetahui kapan waktu foto yang beredar di media sosial itu dibuat. Alin menyebut, foto memperlihatkan didominasi pasien influenza dan DBD.

Alin menyebut, karena pekan lalu kasus influenza yang dilaporkan ada 45. Sedangkan pekan ini hanya 25 kasus. Kalau per minggu turun. "Namun kan di sana campur, tidak hanya pasien influenza. Ada DBD juga di RS Pondok Indah," ujarnya.

2. Kadinkes Tangsel: semua terkendali kok

Pasien DBD dan Influenza di RS Swasta di Tangsel MembeludakIlustrasi pasien terjangkit DBD. (IDN Times/Riyanto)

Alin mengatakan, bahwa sementara kapasitas tempat tidur di IGD tidak banyak, sehingga sebelum pasien masuk ke kamar, pasti penuh dahulu. "Sambil nanti dicicil pindah ke kamar. Semua terkendali kok," jelasnya.

Alin berpesan, masyarakat jika mengalami keluhan panas tubuh, lebih dari dua hari, langsung minta pertolongan ke tempat pelayanan kesehatan terdekat.

Kalau DBD memang endemik, jadi setiap tahun polanya pasti begini. "Padahal kota sudah coba tekan dengan terus mengajak untuk bebersih dan lain-lain," kata Alin.

Baca Juga: Awal Tahun, Kasus DBD di Tangsel Capai 302 Kasus

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya