Pecinan Pasar Lama Surga Belanja Pernak-pernik Imlek di Kota Tangerang

Dari pernak-pernik sampai panganan khas Imlek, tersedia

Kota Tangerang, IDN Times - Kawasan Pasar Lama sejak masa lampau dikenal sebagai kawasan pecinan di Kota Tangerang. Dihuni mayoritas etnis Tionghoa sejak lama, Pasar Lama pun menyediakan berbagai hal yang berkaitan dengan etnis Tionghoa. 

Tak heran, menjelang perayaan besar etnis Tionghoa seperti Tahun Baru Imlek, Pasar Lama menjadi tempat masyarakat yang mencari atau berburu pernak-pernik khas perayaan Imlek.

Perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 10 Februari 2024, membuat kawasan Pasar Lama Kota Tangerang kini dipenuhi dengan pernak-pernik Imlek.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Rayakan Imlek di Mall Tangerang

1. Pasar Lama menjadi lokasi belanja kebutuhan Imlek

Pecinan Pasar Lama Surga Belanja Pernak-pernik Imlek di Kota TangerangDekorasi Klenteng Eng An Kiong Malang jelang Imlek 2024. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Di Pasar Lama, banyak pedagang yang menjual berbagai macam kebutuhan Imlek loh, mulai dari lampion, amplop Imlek, hiasan Imlek, serta aneka aksesoris. Pernak-pernik itu menghiasi hampir sepanjang Jalan Kisamaun, Pasar Lama.

Kezia Gabriella, siswi SMK Buddhi Tangerang yang datang bersama teman-temannya untuk mencari kebutuhan dekorasi kelas di sekolahnya mengaku, Pasar Lama menjadi tempat langganannya berburu kebutuhan perayaan Imlek.

“Setiap tahun saya selalu datang ke sini karena di sini pernak-perniknya lebih lengkap. Selain itu juga harganya terjangkau dan mudah diakses. Kebetulan saya datang ke sini bersama teman-teman untuk membeli perlengkapan kebutuhan dekorasi kelas jelang Imlek nanti,” kata Gabriella, Rabu (7/2/2024).

2. Pedagang raup keuntungan jutaan rupiah

Pecinan Pasar Lama Surga Belanja Pernak-pernik Imlek di Kota TangerangToko aksesori Imlek (Dok. IDN Times)

Sementara itu, Asep Anang pedagang yang sudah 20 tahun menjual aneka pernak-pernik Imlek mengaku, sehari-hari menjual kebutuhan Imlek.

Namun sejak awal Februari 2024, penjualan kebutuhan Imlek semakin meningkat dari biasanya. Asep mengaku, dalam sehari mampu raup omzet mulai Rp5 juta hingga Rp7 juta.

“Jelang Imlek, banyak masyarakat yang membeli kebutuhan untuk dekorasi. Rata-rata produk yang dicari yakni lampion, hiasan dinding, sampai angpao," kata Asep. 

Jelang Imlek, dia menjual satu pak angpao dengan harga Rp5 ribu-Rp10 ribu. Sementara lampion, dia jual dengan kisaran Rp50 ribu-Rp400 ribu.

3. Selain pernak-pernik, kue khas Imlek juga ada

Pecinan Pasar Lama Surga Belanja Pernak-pernik Imlek di Kota TangerangDok. Pemkot Tangerang

Selain menjual pernak-pernik Imlek, Pasar Lama Kota Tangerang juga banyak menjual aneka makanan khas seperti dodol, kue keranjang, kue mangkuk, dan lainnya.

Tak ketinggalan bunga pussy willow dan pohon khas Imlek pun menjadi buruan masyarakat Tionghoa.

Baca Juga: Catat, Lokasi Samsat Keliling Tangerang Raya Hari Ini, 7 Februari 2024

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya