Pemkab Lebak Harap Penetapan Geopark Bayah Dome Disetujui Tahun Ini

Apa itu Geopark Bayah Dome?

Lebak, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Lebak berharap penetapan taman bumi atau Geopark Bayah Dome sebagai Geopark Nasional bisa disetujui tahun ini.

“Kami berharap penetapan Geopark Bayah Dome sebagai Geopark Nasional melalui SK Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI dapat segera disetujui pada tahun 2024,” kata Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan, Rabu (3/7/2024).

Baca Juga: Kawasan Kubah Bayah di Lebak Diajukan Jadi Geopark ke KNGI 

1. Apa itu Geopark Bayah Dome?

Pemkab Lebak Harap Penetapan Geopark Bayah Dome Disetujui Tahun IniDok. geoparkbayahdome.com

Dilansir dari geoparkbayahdome.com, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019 tentang Geopark menyebutkan, taman bumi (geopark) merupakan sebuah wilayah geografis tunggal atau gabungan yang memiliki situs warisan geologi (geosite) dan bentang alam yang bernilai, terkait aspek warisan geologi, keragaman geologi, keanekaragaman hayati, dan keragaman budaya.

Kubah Bayah (Bayah Dome) secara geologi sudah cukup dikenal secara Internasional, sejak Van Bemmelen--seorang ahli geologi berkebangsaan Belanda--membuat buku tentang Geologi Indonesia yg diterbitkan tahun 1949. Di dalam buku itu, Van Bemmelen membahas tentang pembentukan Kubah Bayah.

2. Ada berbagai macam kandungan mineral alam

Pemkab Lebak Harap Penetapan Geopark Bayah Dome Disetujui Tahun IniDok. geoparkbayahdome.com

Kubah Bayah (Bayah Dome) adalah sebuah struktur atau bentang alam gunung api yang berumur neogen sampai kuarter atau 23 hingga 0,01 juta tahun lalu.

Bagian tengah dari Bayah Dome tersebut terdiri atas batuan hasil erupsi gunung api yang terbentuk pada periode waktu tersebut.

Di kawasan Bayah Dome tersebut juga terbentuk cebakan-cebakan emas, perak, dan bahan galian logam lainnya yang bernilai ekonomis, sehingga dikenal juga sebagai kawasan Gold District (Distrik Emas). Gak heran, kawasan ini sudah dikenal sebagai tambang emas sejak zaman penjajahan (kolonialisme), dan beberapa  masih tetap berlangsung aktivitas penambangan di beberapa tempat sampai hari ini.

Di bagian utara-tengah, memiliki zona depresi (lembah) yang dikenal sebagai Zona Depresi Citorek dengan komposisi batuan umumnya piroklastik tuf.

Secara internasional, nama Bayah Dome sudah banyak dikenal, khususnya di kalangan para ahli kebumian (geologi), sehingga dikenal pula ada tipe mineralisasi emas Cikotok dan tipe Pongkor.

Baca Juga: ESDM Tetapkan Kawasan Bayah Dome Jadi Geopark

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya