Pemkab Tangerang Terima 1.333 Aduan Selama 2022

Paling banyak soal infrastruktur jalan dan drainase

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menerima 1.333 pengaduan dari masyarakat melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!) pada tahun 2022.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Ahmad Suryadi mengungkap, 985 laporan dari total pengaduan itu sudah diselesaikan. "Sisanya, 346 laporan yang sedang diproses oleh dinas terkait," kata Suryadi pada Kamis (12/1/2023).

Pembangunan infrastruktur jalan dan masalah drainase menjadi sektor yang paling banyak di keluhkan, seperti jalanan rusak, jembatan, dan saluran irigasi yang perlu penanganan.

Baca Juga: Pemkab Tangerang Minta Warga Waspadai Ciki Ngebul

1. Sebanyak 318 aduan warga itu soal jalan

Pemkab Tangerang Terima 1.333 Aduan Selama 2022IDN Times/Muhamad Iqbal

Suryadi mengatakan, total 318 laporan terkait pembangunan infrastruktur yang ditujukan kepada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air.

“Pembangunan infrastruktur masih kerap dikeluhkan karena hal tersebut berhubungan langsung dengan masyarakat. Sudah tugas kami dan wajib hukumnya keluhan itu harus segera ditindaklanjuti,” kata dia.

2. Seluruh aduan diklaim sudah ditindaklanjuti

Pemkab Tangerang Terima 1.333 Aduan Selama 2022Ilustrasi (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Menurut hasil evaluasi semua pengaduan masyarakat yang telah masuk ke Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Kabupaten Tangerang melalui SP4N-LAPOR! ini, kata Suryadi, 100 persen laporan telah ditindaklanjuti-- dengan rata-rata tindak lanjut 1 sampai 3 hari dari waktu pengaduan yang masuk.

“Karena, setiap kali ada pengaduan yang masuk, pasti akan langsung kita tindaklanjuti,” ujarnya.

3. Pemkab Tangerang siapkan banyak kanal aduan

Pemkab Tangerang Terima 1.333 Aduan Selama 2022Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar kunjungi Kantor IDN Media HQ pada Senin (20/9/2022). (IDN Times/Alya Achyarini)

Sebagaimana arahan dari Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, perbaikan pelayanan publik menjadi perhatian serius Pemkab Tangerang dalam merespons laporan maupun aduan dari masyarakat.

“Dalam merespons laporan dan juga aduan masyarakat, Pemkab Tangerang juga memiliki berbagai kanal aplikasi. Mulai dari website, media sosial hingga melalui tatap muka. Jadi kami juga mengingatkan kepada masyarakat, jika terdapat hal yang perlu dikeluhkan silahkan gunakan kanal-kanal yang sudah disediakan,” jelasnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Dimsum Hits di Tangerang Raya, Gak Bakal Nyesel deh!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya