Pemkot Tangerang Buka Layanan Deteksi Kanker Serviks

Layanan ini digelar di 37 puskesmas

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang tengah menggencarkan pelayanan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test secara gratis di 37 puskesmas yang tersebar di Kota Tangerang. Pemeriksaan ini ditujukan bagi para perempuan untuk mendeteksi adanya kanker payudara atau serviks.

Kepala Dinkes Kota Tangerang Dini Anggraeni mengatakan, saat ini, Dinkes melalui puskesmas tengah berkolaborasi dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kecamatan, Kelurahan dan jajaran kader wilayah menjaring sasaran untuk mengikuti program IVA test di puskesmas ini.

"Beberapa PKK sudah menggulirkan jadwal IVA test yang digelar hingga tingkat pemukiman, dalam hal ini penjaringan dilakukan lebih dekat ketitik sasaran,” kata Dini, Selasa (14/2/2023).

1. Jadwal melalui medsos puskesmas masing-masing

Pemkot Tangerang Buka Layanan Deteksi Kanker Serviksilustrasi kanker serviks (freepik.com/freepik)

Untuk melihat jadwal pelaksanaan masing-masing puskesmas, masyarakat bisa update atau pantau melalui akun Instagram masing-masing puskesmas, kecamatan maupun kelurahan.

Kata Dini, tes ini perlu dilakukan oleh wanita yang sudah melakukan hubungan seksual, untuk mengetahui kesehatan leher rahimnya.

“Syarat yang perlu diperhatikan para wanita yang ingin ikut IVA test ialah membawa foto copy KTP atau BPJS, tidak dalam kondisi haid, tidak dalam kondisi hamil, belum monopose dan tidak berhubungan seksual 24 jam sebelum waktu pemeriksaan,” jelasnya.

2. Kanker serviks butuh 3-17 tahun untuk aktif

Pemkot Tangerang Buka Layanan Deteksi Kanker Serviksilustrasi kanker serviks (parkwaycancercentre.com)

Dini menjelaskan, tingginya kasus kanker serviks, salah satu penyebabnya ialah kurangnya kesadaran masyarakat tentang kanker serviks ini.

Kata Dini, tidak banyak perempuan yang memeriksakan kesehatan reproduksinya secara rutin. Padahal, penyakit ini bisa dicegah apabila ditangani sejak dini.

Kanker serviks membutuhkan waktu 3-17 tahun untuk aktif, selama masa tersebut sel kanker masih bisa dicegah melalui penerapan pola hidup yang sehat dan deteksi dini melalui IVA Test ini.

3. Tes ini harus rutin

Pemkot Tangerang Buka Layanan Deteksi Kanker ServiksIlustrasi pegawai puskesmas. (Dok. Puskesmas Purbalingga)

Dini menerangkan, tes ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap tiga tahun sekali bagi Wanita Usia Subur (WUS) yang sudah melakukan hubungan seksual secara aktif. Dengan demikian, kondisi kesehatan reproduksi perempuan dapat terpantau walau tentu harus diimbangi dengan PHBS.

“Ayo jangan takut lakukan skrining IVA test untuk pemeriksaan dini mencegah kanker leher rahim bagi semua wanita usia subur 30-50 tahun. Pelayanan ini dapat dimanfaatkan semua wanita di Kota Tangerang secara gratis di Puskesmas terdekat,” kata Dini.

Baca Juga: BPBD Tangerang Evakuasi Pohon Tumbang di Balaraja

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya