Pemkot Tangerang Buka Program Pelatihan Kerja Gratis

BLK berada di 3 lokasi di Kota Tangerang. Catat lokasinya

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang memiliki program atau fasilitas Balai Latihan Kerja (BLK) yang dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Tangerang. Layanan BLK ini gratis.

BLK Kota Tangerang memiliki tiga lokasi, yakni di Kecamatan Benda, Kecamatan Cibodas dan Kecamatan Larangan. Sedangkan jenis pelatihan yang disediakan, yakni ada menjahit, teknik pendingin atau teknik AC, perhotelan, tata boga, operator komputer, instalasi listrik, desain grafis dan percetakan digital, serta teknik kendaraan atau servis motor.

"Program ini dapat dimanfaatkan masyarakat yang berusia produktif untuk meningkatkan keterampilan. Mereka dapat mendaftarkan dirinya ikut pelatihan di BLK melalui aplikasi Tangerang LIVE dengan menu Tangerang Cakap Kerja," kata Kepala Disnaker Kota Tangerang, Ujang Hendra, Senin (8/5/2023).

1. Layanan ini hanya untuk warga ber-KTP Kota Tangerang

Pemkot Tangerang Buka Program Pelatihan Kerja Gratisfoto hanya ilustrasi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Ujang mengatakan, program ini disediakan hanya khusus untuk warga yang sudah memiliki e-KTP Kota Tangerang dan kuotanya terbatas.

"Informasi lebih lanjut terkait BLK dan update-update terkait pembukaan pendaftaran dan lainnya, bisa diakses melalui Instagram @blk_kotatangerang," kata Ujang.

2. Peserta yang lulus dari BLK bakal dapat sertifikat BNSP

Pemkot Tangerang Buka Program Pelatihan Kerja GratisLogo Badan Standar Nasional Pendidika atau BSNP (https://bsnp-indonesia.org/)

Melalui pelatihan di BLK, lanjut Ujang, nantinya para peserta yang telah dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat dati BLK dan sertifikat dari BNSP.

"Sehingga, kemampuan keahlian yang mereka tekuni selama di BLK benar-benar diakui secara standarnya melalui sertifikat itu, dan inilah yang dapat dijual ke perusahaan untuk proses melamar kerja," kata Ujang.

3. BLK bisa menekan jumlah pengangguran

Pemkot Tangerang Buka Program Pelatihan Kerja GratisIlustrasi pegawai sebuah pabrik di Kabupaten Bandung hendak pulang kerja. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Ia pun berharap, lewat BLK Pemkot Tangerang dapat menekan angka pengangguran serta mencetak SDM yang produktif dan kreatif.

"Jadi ayo ikuti pelatihan gratis BLK Kota Tangerang. Manfaatkan kemudahan yang diberikan untuk maju dan aktif meningkatkan keterampilan dan dapat terjun ke dunia kerja," imbaunya.

Baca Juga: Cara Mendaftar Sertifikat Halal UMKM di Kota Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya