Pemkot Tangerang Gencarkan Vaksin PVC untuk Bayi

Vaksinasi ini ada di semua fasilitas kesehatan Pemkot

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menggelar imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) serentak. Vaksin yang diberikan tiga dosis kepada anak usia 2, 3, dan 12 bulan di seluruh fasilitas kesehatan yang tersebar di Kota Tangerang.

Hari ini, vaksinasi juga dilaksanakan oleh Puskesmas Panunggangan di Posyandu Cemara 8, Kelurahan Panunggangan Utara, Selasa (1/8/2023).

Petugas Kesehatan Puskesmas Panunggangan Arief Nurlianto menjelaskan pemberian imunisasi PCV ini guna mencegah anak-anak terpapar penyakit pneumonia atau radang paru-paru. Masyarakat bisa mendapatkan imunisasi ini secara gratis di posyandu atau puskesmas terdekat.

“Pemberian imunisasi PCV ini bersamaan dengan jadwal imunisasi lainnya di posyandu ini sehingga masyarakat bisa memanfaatkan kemudahan mendapatkan imunisasi PCV untuk anaknya,  tanpa harus datang ke rumah sakit, dan ini tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Buka Layanan Informasi Soal Pajak PBB-P2 dan BPHTB

1. Ini gejala anak terkena pneumonia

Pemkot Tangerang Gencarkan Vaksin PVC untuk Bayiilustrasi bayi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Arief mengungkapkan, gejala pada penyakit pneumonia ini seperti batuk, sesak napas dan napas terseda-seda.

Untuk itu masyarakat agar segera membawa balitanya ke posyandu atau puskesmas untuk mendapatkan imunisasi PCV.

2. Stok vaksin di puskesmas selalu aman

Pemkot Tangerang Gencarkan Vaksin PVC untuk BayiDok. Pemkot Tangerang

Stok imunisasi PCV di puskesmas Panunggangan selalu aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kehabisan stok.

“Jadi ayo bagi para orangtua untuk dapat memastikan anaknya mendapatkan imunisasi PCV. Sehingga diharapkan dengan anak-anak yang telah mendapatkan imunisasi PCV ini bisa menekan angka kematian pada anak akibat pneumonia,” kata Arief.

3. Warga senang dapat layanan ini, soalnya gratis

Pemkot Tangerang Gencarkan Vaksin PVC untuk BayiPetugas menyuntikkan vaksin Moderna kepada tenaga kesehatan yang menjalani vaksinasi COVID-19 dosis ketiga di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara, Kamis (5/8/2021). (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Eni Sumiati salah satu orangtua bayi yang ikut program ini menyebut, dirinya senang anaknya bisa diberi vaksin PVC.

“Alhamdulillah, dengan adanya pemberian imunisasi PCV ini semoga anak saya bisa mencegah terpapar penyakit pneumonia. Apalagi ini gratis dan bisa didapatkan di posyandu dekat rumah. Kebetulan hari ini anak saya suntik imunisasi PCV dosis terakhir,” ucap Eni.

Baca Juga: 7 Cafe Rooftop Tangerang yang Cozy, Asyik buat Nongkrong 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya