Pemkot Tangerang Masih Kejar Kesiapan PTM

Nantinya anak diharuskan bawa alat makan sendiri

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang masih belum melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) jenjang SD dan SMP.  Hingga saat ini, Pemkot masih mengejar kesiapan semua pihak, termasuk sekolah.

Helmiati Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Tangerang menjelaskan, persiapan itu meliputi sarana dan prasarana, protokol kesehatan, serta sosialisasi edukasi belajar tatap muka di masa pandemik

“Untuk pertama, kami mendorong bagi guru yang belum divaksinasi, untuk segera mendapatkan vaksin. Kemudian kesiapan sarana dan prasarana di setiap depan kelas ada wastafel, hand sanitizer, thermo gan, dan lainnya,” katanya, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: Wali Kota Serang Izinkan Sekolah Gelar Belajar Tatap Muka  

1. Orangtua diharap ikut andil berikan pemahaman terhadap anak

Pemkot Tangerang Masih Kejar Kesiapan PTMIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Helmiati mengatakan, peran orangtua sangat penting dalam melaksanakan PTM ini. Dia berharap, orangtua juga ikut andil dalam memberikan pemahaman soal protokol kesehatan kepada anak-anak. 

Saat ini, kata Helmiati, pihaknya masih terus mengedukasi siswa SD dan SMP. Secara khusus, dia menggarisbawahi sosialisasi untuk siswa SD. "Karena pemahaman anak SD kan belum seperti anak SMP. Jadi khawatir kalau mereka berpelukan, karena kan sudah lama gak bertemu. Nah kita sedang mengedukasi siswa dan orangtua,” kata dia.

2. Wali murid diharap ingatkan anak-anak untuk membawa alat makan sendiri

Pemkot Tangerang Masih Kejar Kesiapan PTMpexels.com/@karolina-grabowska

Lebih lanjut, ia berharap agar para wali murid mengingatkan anaknya agar membawa peralatan belajar sendiri dan peralatan makan sendiri agar tidak terjadi penukaran yang dapat berisiko.

“Kita juga mengkaji beberapa wilayah, bagaimana dampak dan sebagainya. Pada prinsipnya kita mengutamakan keselamatan dan berhati-hati,” terangnya.

3. Kesiapan PTM ini akan terus dievaluasi

Pemkot Tangerang Masih Kejar Kesiapan PTMGubernur Ganjar Pranowo saat sidak uji coba PTM di Semarang. Dok Humas Pemprov Jateng

Ia pun menegaskan, 298 jumlah sekolah dasar di Kota Tangerang saat ini terus melakukan kesiapan rencana PTM dan akan terus dievaluasi.

“Secara kesiapan, kita sudah siap. Kita juga sudah pernah sebar survei ke sekolah dan sudah siap,” kata dia. 

Baca Juga: Syarat Siswa di Banten Boleh Belajar Tatap Muka: Sudah Vaksinasi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya