Pemkot Tangerang Miliki Program Jemput Sedekah Sampah B3, Apa Itu?

Sederhananya, kamu bisa ajukan penjemputan sampah B3 e-Waste

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang menginisiasi program penjemputan limbah elektronik atau e-Waste yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3) dari permukiman warga.

Program bernama Jemput Sedekah Sampah B3 ini, selain menarget e-Waste juga menjemput B3 medis rumah tangga dan B3 rumah tangga.

Baca Juga: 20 Calon Cide-Kode Benten Kota Tangerang Dikenalkan Tempat Sejarah

1. Permohonan penjemputan bisa melalui nomor ini

Pemkot Tangerang Miliki Program Jemput Sedekah Sampah B3, Apa Itu?ilustrasi Hotline (IDN Times/Aditya Pratama)

Kepala DLH, Kota Tangerang, Tihar Sopian mengungkapkan program ini dapat diakses dengan melakukan permohonan ke petugas melalui nomor whatsapp di 0811-1631-631.

“Selain program Jemput Sedekah Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang juga ada program Jemput Sampah B3 e-Waste, B3 medis rumah tangga dan B3 rumah tangga. Karena kalau sembarangan akan sangat berbahaya,” kata Tihar, Senin (22/1/2024).

2. Ini jenis sampah yang bisa dijemput

Pemkot Tangerang Miliki Program Jemput Sedekah Sampah B3, Apa Itu?Kondisi TPA liar yang masih ditemukan banyaknya tumpukan sampah di wilayah Limo, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Tihar menjelaskan, yang termasuk dalam limbah B3 e-Waste adalah televisi, kulkas dimensi satu pintu, lampu, batu baterai, kabel, komputer bekas dan handphone bekas.

Sedangkan B3 medis rumah tangga ialah botol bekas obat, kemasan obat dan masker bekas dan yang termasuk B3 rumah tangga ialah botol aerosol, kaleng pestisida, dan botol pembersih.

“Jadi, ayo masyarakat Kota Tangerang yang di rumahnya memiliki sampah B3 e-Waste, B3 medis rumah tangga dan B3 rumah tangga dengan kriteria tersebut," kata dia.

Warga Tangerang bisa mengajukan permohonan penjemputan ke petugas DLH Kota Tangerang dengan minimal berat sampah B3 sekitar 2,5 kilogram.

3. Program ini untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah elektronik

Pemkot Tangerang Miliki Program Jemput Sedekah Sampah B3, Apa Itu?Ilustrasi pencemaran tanah yang umum ditemui (pexels.com/Mumtahina Tanni)

Tihar menyebut, layanan tersebut dibuka dengan harapan dapat memperkecil pencemaran lingkungan akibat sampah elektronik yang dibuang sembarangan.

“Dengan itu, diharapkan kepedulian pada lingkungan Kota Tangerang hadir dari semua pihak, elemen dan individu di Kota Tangerang. Masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan TPS3R, layanan Sedekah Sampah hingga Jemput Sampah seperti ini,” katanya.

Baca Juga: Syarat Masuk DTKS Kota Tangerang, untuk Ajukan Beasiswa Mahasiswa

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya