Pemkot Tangerang Tetap Siagakan Personel di TPA Rawa Kucing

Arief: kondisi lapangan relatif aman

Kota Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah memastikan bahwa petugas gabungan terus bersiaga dan memantau kondisi kebakaran di TPA Rawa Kucing. Saat ini, kondisi TPA Rawa Kucing sudah relatif aman.

Arief mengatakan, dia sudah memerintahkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk tetap menyiagakan petugas pemadam kebakaran di lokasi TPA Rawa Kucing.

"Kalau melihat kondisi di lapangan, alhamdulilah relatif sudah aman, secara bertahap nanti personel bisa dikurangi. Namun saya minta untuk tetap mensiagakan mobil pemadam di lokasi dan petugas karena seperti tadi sore saya lihat di video masih ada titik api yang muncul," kata Arief, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga: Aktivitas Pemulung Masih Dilarang di TPA Rawa Kucing

1. Layanan angkutan sampah harus kembali normal

Pemkot Tangerang Tetap Siagakan Personel di TPA Rawa KucingDok. BPBD Kota Tangerang

Arief juga sudah memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang untuk bisa kembali mengoptimalkan layanan pengangkutan sampah di masyarakat. Hal ini mengingat beberapa zona TPA yang sebelumnya terbakar sudah bisa dipadamkan.

"Di beberapa zona yang kemarin terbakar sudah relatif aman, oleh karenanya LH harap segera kembali mengoptimalkan layanan pengangkutan sampah," kata dia.

2. Arief perintahkan OPD lakukan pemulihan pasca bencana

Pemkot Tangerang Tetap Siagakan Personel di TPA Rawa KucingDok. Pemkot Tangerang

Selain itu, Arief juga memerintahkan seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Kota Tangerang untuk bisa melakukan pemulihan pasca bencana.

"OPD yang lain agar juga bisa membantu proses recovery pasca bencana," pungkasnya.

3. Kebakaran TPA ditetapkan sebagai daerah darurat bencana

Pemkot Tangerang Tetap Siagakan Personel di TPA Rawa KucingDok. BPBD Kota Tangerang

Sebagai informasi kebakaran TPA Rawa Kucing yang terjadi pada 20 Oktober lalu, membuat pemerintah Kota Tangerang menetapkan Status Daerah Darurat Bencana dari 20 Oktober sampai 2 November 2023.

Dan tercatat sampai hari ini terdapat 45 orang yang masih mengungsi akibat terdampak bencana tersebut.

Baca Juga: Pengungsi TPA Rawa Kucing Anggap Petugas Damkar Superhero

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya