Pemkot Tangsel Akan Tata Kabel Optik Semrawut di 5 Ruas Jalan

Ini nama 5 ruas jalan itu

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menanam kabel fiber optik internet yang selama ini  semrawut. Kabel-kabel itu ada di lima titik ruas jalan.

Kelima titik lokasi tanam kabel fiber optik antara lain pada ruas Jalan Raya Serua dan Jalan Raya Merpati di Kecamatan Serpong. Jalan WR Supratman; Jalan Menjangan dan Jalan Kelurahan di Kecamatan Serpong.

“Ya tahun ini sudah dimulai. Deket-deket ini lah prioritas kami,” kata Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, Jumat (19/4/2024).

Baca Juga: Raih 11 Kursi, Golkar Juara Pileg DPRD Tangsel

1. Program ini tak menggunakan duit APBD

Pemkot Tangsel Akan Tata Kabel Optik Semrawut di 5 Ruas JalanIlustrasi uang rupiah (pexels.com/Ahsanjaya)

Pemerintah Kota Tangsel, menurut Pilar, telah diskusi hal itu dengan Asosiasi Pengusaha Jaringan Telekomunikasi (Apjatel). Lembaga tersebut menyatakan siap memindahkan kabel-kabel lintas udara dan ditanam di bawah tanah.

Pilar menyebut, seluruh biaya pekerjaan pemindahan kabel-kabel fiber optik ditanggung oleh masing-masing provider, termasuk pencabutan banyak tiang besi yang berdiri di sepanjang lima ruas jalan tersebut.

“Jadi program ini non-APBD,” kata dia.

2. Relokasi ini bukan hanya agar estetik, tapi biar warga aman

Pemkot Tangsel Akan Tata Kabel Optik Semrawut di 5 Ruas JalanDok. Pemkot Tangsel

Pilar mengatakan, relokasi kabel-kabel fiber optik yang semrawut bukan hanya sekedar demi menjaga keindahan atau estetika perkotaan.

Tujuan utama penanaman kabel fiber optik di bawah tanah adalah menjamin keamanan masyarakat pengguna jalan. Pilar menyebutkan, sudah banyak terjadi kasus di berbagai daerah ada pengendara motor luka parah akibat kecelakaan tersangkut kabel.

“Kami target Tangsel kedepan terbebas dari kabel yang menjuntai di atas. Jadi kami target semua, kami targetkan one pol beberapa operator, tapi bentuk rapi,” kata Pilar.

Baca Juga: Potret Gunung Sampah TPA Cipeucang Tangsel Sudah Penuh

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya