Pemkot Tangsel Janji Bakal Segera Benahi Genangan di Ceger Raya

Pilar pastikan Detail Engineering Design proyek sudah keluar

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengaku segera menyelesaikan permasalahan genangan yang terjadi di Jalan Raya Ceger. Genangan di lokasi ini berlarut hingga dua tahun. 

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan menyatakan, bulan ini pihaknya akan memperbaiki drainase yang ada di Jalan Raya Ceger. "Tahun lalu sudah kita anggarkan, dan bulan Mei ini pelaksanaan," kata Pilar pada Rabu (3/5/2023).

Saat ini, imbuh Pilar, proyek perbaikan ini memasuki proses lelang. "Insya Allah, Minggu kedua dan ketiga sudah mulai penanganan fisik untuk pembangunan," imbuhnya. 

Baca Juga: Viral Babi Ngepet di Tangerang Selatan, Polisi: Itu Anjing

1. Detail Engineering Design (DED) untuk drainase sudah dibuat

Pemkot Tangsel Janji Bakal Segera Benahi Genangan di Ceger RayaIlustrasi genangan air (IDN Times/Dwi Agustiar)

Apalagi kata Pilar, Detail Engineering Design (DED) untuk drainase yang ada di Jalan Raya Ceger telah keluar sehingga pembangunan bisa segera dilaksanakan.

"Di sini (Jalan Raya Ceger-Red.) drainasenya, terutama elevasinya, harus kita benahi dan Kali Cantiga juga kemudian kita lebarkan, dari 4,5 meter menjadi 7,5 meter dan juga ada yang 10 meter sekaligus peninggian jembatan," terangnya.

2. Ini penyebab genangan air di Jalan Raya Ceger

Pemkot Tangsel Janji Bakal Segera Benahi Genangan di Ceger RayaWali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan (Dok. Facebook/Pilar Saga Ichsan)

Hal ini dilakukan karena saat ini drainase yang ada di Jalan Raya Ceger mengikuti elevasi jalan yang justru ada kenaikan.

"Nah ini sekarang kita ubah posisinya, supaya drainase ini bisa mengikuti elevasi yang seharusnya. Jadi air itu mengikuti gravitasi, dan masuk ke Kali Cantiga," ujarnya.

3. Kenapa baru diperbaiki sekarang?

Pemkot Tangsel Janji Bakal Segera Benahi Genangan di Ceger RayaDok. Pemkot Tangsel

Saat disinggung kenapa baru saat ini proyek mulai dilaksanakan, Pilar menegaskan, bahwa pembenahan ini menunggu anggaran yang sudah direncanakan dan disahkan di Tahun 2023.

Selagi menunggu anggaran untuk perbaikan permanen, pihaknya sudah melaksanakan upaya penanganan sementara, yakni menyedot air dengan pompa.

"Nah saat ini penanganan permanen akan segera dilaksanakan, di tahun ini sesuai anggaran murni bisa terlaksana, ya minta doanya ini semua lancar," kata dia. 

Baca Juga: MUI Tangerang Kutuk Pelaku Penembakan di Kantor Pusat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya