Pemkot Tangsel Siapkan Regulasi Pengoperasian Kembali Mal

CCTV dan pengeras suara mal bakal dioptimalkan

Tangerang Selatan, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) kini tengah menyusun regulasi terkait wacana new normal yang akan diterapkan pemerintah pusat, salah satunya persiapan pengoperasian mal kembali.

"Kami sedang menyiapkan sebuah regulasi melalui Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan)," kata Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, Rabu (27/5).

Baca Juga: Wali Kota: Tangerang Bersiap Jalani New Normal

1. Hal utama yang mesti dijalankan saat mal beroprasi lagi adalah protokol kesehatan

Pemkot Tangsel Siapkan Regulasi Pengoperasian Kembali MalPengukuran suhu tubuh sebelum melaksanaan rapid test massal di Kelurahan Klandasan Balikpapan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Benyamin mengatakan, hal utama yang perlu ditekankan saat mal kembali beroperasi adalah kewajiban untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Saya sudah minta untuk bikin jarak dengan garis satu meter. Seperti jarak pada antrean di kasir," kata Benyamin. 

2. CCTV dan pengeras suara mal bakal dimaksimalkan dalam protokol COVID-19

Pemkot Tangsel Siapkan Regulasi Pengoperasian Kembali MalDok. Agus Suparto

Selain itu, ia meminta kepada pengelola mal untuk memantau dan mengimbau para pengunjung mal agar tak bergerombol dengan cara memaksimalkan fungsi kamera pemantau dan pengeras suara.

"Terus pasang CCTV,  dan pengumuman.  Saya minta ke pengelola mal, pengumuman untuk memberi tahu pengunjung, jangan bergerombol. Harus begitu sekarang, untuk membangun new normal atau peradaban hidup baru itu," kata Benyamin.

3. Pemkot Tangerang juga siapkan new normal

Pemkot Tangsel Siapkan Regulasi Pengoperasian Kembali MalIDN Times/Muhamad Iqbal

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pun sedang menyiapkan skenario penerapan new normal atau aktivitas normal yang baru pada kondisi pandemi COVID-19.  Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan telah meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyiapkan penerapan tersebut.

"Kita minta semua OPD mempersiapkan kalau kebijakan new normal akan dilaksanakan," ujar Arief di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa (26/5). 

Baca Juga: [LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 di Jilid 3

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya