Penampakan Gorong-gorong yang Dijadikan Jalan Kabur Napi Tiongkok

Cai Changpan ternyata pernah kabur sebelumnya

Kota Tangerang, IDN Times - Napi Cai Changpan alias Cai Ji Fan (53) kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang, dengan cara membuat jalur tikus di gorong-gorong lapas. Polisi ikut angkat bicara ihwal kaburnya napi kasus narkoba ini.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Sugeng Hariyanto mengatakan pihaknya telah melakukan identifikasi bagaimana Cai Changpan sampai bisa kabur. Menurutnya, pihaknya telah mengamankan sejumlah barang bukti.

"Memang ada beberapa barang bukti yang kita temukan di antaranya alat gali, pahat, obeng, dan peralatan lainnya yang digunakan napi dimaksud untuk melarikan diri," kata Sugeng, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga: Kabur dari Lapas, Napi Asal Tiongkok Rencanakan Aksi 6 Bulan!

1. Begini penampakan gorong-gorong yang dijadikan jalan kabur Cai Changpan

Penampakan Gorong-gorong yang Dijadikan Jalan Kabur Napi TiongkokGorong-gorong di lapas kelas 1 Tangerang, yang dijadikan sebagai akses kaburnya napi WNA Tiongkok (Dok. Lapas Kelas 1 Tangerang)

Lapas Kelas 1 Tangerang pun memotret jalan kabur Cai Changpan. Di atas merupakan potret penampakan gorong-gorong yang dilalui Cai Changpan.

Lebih lanjut, Sugeng mengungkapkan enam atau delapan bulan yang lalu pihak Lapas Kelas 1 Tangerang melakukan pembangunan dapur di dalam lapas. Nah, diduga kuat Cai Changpan mengambil alat-alat untuk aksi melarikan diri itu dari proyek pembangunan dapur ini.

"Nah ini kita coba akan kroscek apakah alat-alat yang digunakan napi dimaksud diperoleh dari para tukang itu, kita masih meminta data ke lapas siapa saja yang kerja untuk bangun dapur," jelasnya.

2. Cai Changpan sebelumnya sudah pernah kabur

Penampakan Gorong-gorong yang Dijadikan Jalan Kabur Napi TiongkokIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Cai Changpan dianggap cukup lihai dalam melarikan diri. Dia telah dua kali kabur. Sebelum mendekam di lapas, dia pernah kabur saat menjadi tahanan kepolisian. Menurut Sugeng, Kepolisian juga telah memeriksa beberapa petugas lapas tersebut.

"Persoalannya adalah sekarang kita sedang melakukan penyelidikan di internal, apakah ada kesengajaan atau tidak. Kita sudah menginterogasi empat orang pegawai dari lapas dan satu orang sipil," katanya.

3. Polisi pastikan tak ada orang dalam terlibat

Penampakan Gorong-gorong yang Dijadikan Jalan Kabur Napi Tiongkokilustrasi tahanan kabur (ANTARAnews)

Sebelumnya diberitakan, Cai Changpan, terpidana mati kasus narkoba asal Tiongkok, melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang pada Senin, 14 September 2020. Dia kabur melalui gorong-gorong belakang lapas yang terhubung dengan area luar lapas.

Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Rika Aprianti membantah soal dugaan petugas lapas terlibat dalam pelarian Cai Changpan.

"Saat ini tidak ada (petugas lapas terlibat) sampai ke sana. Sekali lagi, ini masih tahap pemeriksaan atau permintaan keterangan," kata Rika kepada IDN Times, Senin (21/9/2020).

Baca Juga: Gali Gorong-gorong, Terpidana Mati Asal Tiongkok Kabur dari Lapas

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya