Penari dari Tangsel Tampil di International Folk Festival 2024

Acara tersebut berlangsung di Nepal

Tangerang Selatan, IDN Times - Sebanyak 12 penari tradisional asal Tangerang Selatan (Tangsel) mewakili Indonesia di ajang International Folk Festival 2024 di Nepal.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan mengatakan bahwa delegasi dari Tangsel sebanyak 12 orang, serta menampilkan tarian-tarian khas yang memperkenalkan Bangsa Indonesia.

"Alhamdulillah perwakilan Tangsel menampilkan kebudayaan beragam di Indonesia. Penampilan yang menunjukkan kebudayaan di antaranya dari Sumatra, Banten, Sulawesi hingga Papua," kata Pilar pada Selasa (5/3/2024).

Baca Juga: 8 Warga Korban Tangsel Kecelakaan di Cipali Dirawat di 3 RSU Tangsel

1. Ini menjadi ajang untuk memperkenalkan Tangsel ke dunia

Penari dari Tangsel Tampil di International Folk Festival 2024Dok. Pemkot Tangsel

Pilar mengatakan, kesempatan ini pula dimanfaatkan untuk memperkenalkan Kota Tangsel ke dunia. Apalagi festival ini dihadiri berbagai negara dari belahan benua.

"Kesempatan ini harus kita manfaatkan untuk memperkenalkan semua kebudayaan yang kita miliki, baik Tangerang Selatan maupun juga Indonesia," ucapnya.

2. Penari dari Tangsel dapat apresiasi

Penari dari Tangsel Tampil di International Folk Festival 2024Dok. Pemkot Tangsel

Pilar menilai, delegasi dari berbagai negara lain begitu terkesima ketika penampilan dari Indonesia. "Kami beragam penampilannya jadi sangat menghibur sekali," kata dia.

Bahkan, lanjut Pilar, melihat delegasi dari negara lain itu betul-betul memperhatikan penampilan delegasi Tangsel dan ketika selesai, applause dari delegasi lain.

"Ini pesan, bahwa negara lain saja begitu bangga melihat (para penari), dan sudah seharusnya kita sebagai warga Indonesia bangga dan terus melestarikan kebudayaan yang kita punya," ucapnya.

Baca Juga: Heboh Dukun Santet di Tangsel Miliki Senpi Dan Alat Peledak

3. Ajang ini diikuti 12 negara

Penari dari Tangsel Tampil di International Folk Festival 2024Dok. Pemkot Tangsel

Untuk diketahui, International Folk Festival 2024 diikuti 12 negara, di antaranya Austria, Bangladesh, Belgia, Bostwana, Estonia, Jerman, India, Indonesia, Malaysia, Polandia, Afrika Selatan dan Nepal sebagai tuan rumah.

Ajang tahunan ini menjadi kesempatan untuk menunjukkan kebudayaan, terutama tarian khas yang dimiliki masing-masing negara peserta.

Baca Juga: Pemkot Tangsel Kirim Ambulans untuk Jemput Korban Kecelakaan Cipali

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya