Pengamat: Pakai 'Airin Effect' di Pilkada Tangerang, Mad Romli Tepat

Pengamat ini menilai, elektabilitas Airin sudah teruji

Tangerang, IDN Times - Pengamat menilai, langkah bakal calon Bupati Tangerang, Mad Romli yang mendompleng elektabilitas bakal calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany dalam upaya pemenangannya merupakan langkah yang tepat. 

"Ya sudah tepat lah, karena memang mengkapitalisasi figur kunci di sebuah pertandingan itu penting," kata pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Adi Prayitno, Rabu (11/9/2024). Sebelumnya, Mad Romli menyebut elektabilitas Airin itu sebagai "Airin Effect."

Di Pilkada Kabupaten Tangerang, Mad Romli berpasangan dengan Irvansyah dan didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia  Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Demokrat.

Meski menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Tangerang, Mad Romli tidak disokong partai beringin. Golkar bersama 8 partai  politik lainnya yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, memberikan dukungannya ke kandidat pesaingnya, yakni Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah. 

Baca Juga: Airin Menaikkan Elektabilitas Mad Romli di Pilbup Tangerang

Baca Juga: Elektabilitas Airin Masih Unggul dari Andra, Capai 77,3 Persen

1. "Mendompleng" Airin, pengamat: Mad Romli dapat kekuatan tambahan

Pengamat: Pakai 'Airin Effect' di Pilkada Tangerang, Mad Romli TepatIDN Times/Khaerul Anwar

Adi menilai, langkah tepat ini juga jadi cara Mad Romli bisa mendapatkan elektabilitas Airin yang memang sudah terbukti pada pemilihan kegislatif (pileg) di wilayah Tangerang Raya. Pada Pileg 2024, kata dia, Airin kan terpilih dengan suara yang signifikan di Tangerang Raya, termasuk Kabupaten Tangerang.

"Di Banten secara umum, trah politik Airin memang kuat. Apapun judulnya Golkar di Banten trah politik Bu Atut, Bu Airin kuat," ungkapnya.

2. Mad Romli berpotensi dapat popularitas hingga kekuatan keluarga Airin

Pengamat: Pakai 'Airin Effect' di Pilkada Tangerang, Mad Romli TepatGolkar resmi dukung Airin-Ade Sumardi di Pilkada Banten pada Selasa (27/8/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

Adi menilai, jika langkah ini diterapkan, maka bukan tak mungkin nama besar, popularitas dan kekuatan Airin serta keluarganya dapat menjadi modal Mad Romli memenangkan Pilbup Tangerang.

"Artinya nama besar Airin, popularitas Airin, kekuatan Airin akan dioptimalkan dan akan dikapitalisasi untuk mendapatkan dukungan politik," kata dia.

3. Langkah gunakan nama besar di Pilkada adalah hal wajar

Pengamat: Pakai 'Airin Effect' di Pilkada Tangerang, Mad Romli TepatMad Romli berpasangan dengan Irvansyah di Pilkada Kabupaten Tangerang (ANTARA/Azmi Samsul Maarif)

Menurutnya, langkah-langkah menggunakan nama besar pada kontestasi politik adalah hal yang wajar dalam upaya kandidat memenangkan kontestasi.

"Seperti halnya, calon-calon dari Gerindra itu akan mengkapitalisasi figur Prabowo," kata dia.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya