Pengunjung Kerap Langgar SOP, Wisata Pantai Lebak Kerap Makan Korban 

Pemda rutin bentuk pos pengamanan masa liburan

Lebak, IDN Times Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Lebak, Manik Pramanik Nurman menyebut, destinasi wisata laut tepatnya di pesisir selatan Lebak merupakan lokasi wisata yang rentan terjadi kecelakaan. Tak sedikit wisatawan yang menjadi korban bahkan kehilangan nyawa. 

Meski begitu, pihaknya menjamin keselamatan para pengunjung yang datang berwisata selama mereka taat mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) di tiap lokasi wisata.

"Yang wisata ekstrem itu seperti Sawarna itu selama ada pengelolanya, kami bertanggung jawab, artinya apa, biasanya tiket juga sudah termasuk asuransi kan gitu," kata Manik kepada IDN Times, Jumat (3/11/2023).

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Seru di Lebak Banten, Semuanya Ada!

Wisata pantai tiap tahun "makan" korban

Pengunjung Kerap Langgar SOP, Wisata Pantai Lebak Kerap Makan Korban Tim saat melakukan evakuasi jasad korban tenggelam (Dok. Unit Siaga SAR Samarinda)

Manik mengatakan, pihaknya mengakui di tiap tahun pada masa liburan wisata pantai kerap kali "memakan" korban jiwa lantaran pengunjung yang jadi korban tak mengikuti aturan yang diterapkan.

"Setiap kejadian kecelakaan laut itu pasti tidak mematuhi aturan SOP dan tidak ada penjaganya karena sudah di luar operasional. Misal penjaganya dari jam 08.00 pagi sampai sore, ini kadang-kadang pengunjung mandi malam. Di luar jam operasional," kata dia.

2. Tiap lokasi punya SOP sesuai kerentanan masing-masing

Pengunjung Kerap Langgar SOP, Wisata Pantai Lebak Kerap Makan Korban ilustrasi dokumen-dokumen kertas (pexels.com/pixabay)

Sementara kawasan wisata lain, lanjutnya, biasanya sudah memiliki SOP yang disesuaikan dengan faktor kerentanan di tiap lokasi.

"Kalau yang saya kelola wisata air panas paling sering terjadi pengunjung terkena dehidrasi akibat terlalu lama berendam air panas. Paling kita ingatkan untuk jangan lama-lama, bisa dehidrasi bisa pingsan, kayawan semua saya bekali itu," ungkapnya.

3. Pemda rutin bentuk pos pegamanan

Pengunjung Kerap Langgar SOP, Wisata Pantai Lebak Kerap Makan Korban Suasana di Posko Lion Air di Bandara Halim. (IDN Times/Santi Dewi)

Manik mengatakan, selain adanya SOP di tiap lokasi wisata, pengamanan melalui pembentukan tim dan pos pengamanan juga rutin dilakukan pemerintah pada masa liburan.

"Kalau ramai biasanya sudah intruksi dari Pemda, disiapkan tim gabungan untuk pengamanan. Pasti dibentuk namanya Posko, Pos itu biasanya wisata yang rame, PMI ada, BPBD ada polisi dan relawan," kata Manik.

Baca Juga: Wisatawan Asal Solo Hilang di Pantai Anyer Serang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya