Pilkada Lebak, Sejumlah Parpol Mulai Saling Jalin Komunikasi

Meski begitu, partai masih tunggu hasil Pemilu 2024

Lebak, IDN Times - Partai politik (Parpol) di Kabupaten Lebak mulai membuka komunikasi politik guna menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024.

Hal itu diungkap Wakil Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar tingkat Kabupaten Lebak, Pipit Candra.

"Sudah mulai dilakukan (komunikasi) oleh Pak Ketua ke sejumlah ketua partai politik," kata Pipit, Senin (18/3/2024).

1. Komunikasi ini untuk tahap penjajakan koalisi di pilkada

Pilkada Lebak, Sejumlah Parpol Mulai Saling Jalin KomunikasiIlustrasi markas Partai Golkar di Slipi. (IDN Times/Santi Dewi)

Komunikasi yang dilakukan Golkar sebagai tahap dalam rencana penjajakan membentuk koalisi untuk mengusung calon pada pilkada nanti.

"Iya karena dengan perolehan kursi pileg kemarin, kami pasti harus berkoalisi dengan teman-teman partai. Komunikasi dilakukan juga untuk mencari kesamaan visi dan misi membangun Lebak tentunya," kata Pipit.

Namun Pipit tidak mengungkapkan dengan partai mana saja Golkar telah menjalin komunikasi politiknya. "Semua partai tentu akan dijajaki. Misalnya dengan PKS, Demokrat dan lain-lain akan dijalin komunikasi itu," ujar Pipit.

2. Partai masih menunggu hasil Pemilu 2024

Pilkada Lebak, Sejumlah Parpol Mulai Saling Jalin KomunikasiSurat suara di Pemilu 2024 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Komunikasi politik juga telah dilakukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sejumlah partai salah satunya Golkar telah ditemui oleh partai pengusung Anies Baswedan-Muhaemin Iskandar di Pilpres kemarin.

"Dengan beberapa partai sudah, Golkar di antaranya," kata salah seorang pengurus DPD PKS Lebak, Abdul Rohman.

Anggota DPRD Lebak ini menuturkan, komunikasi yang dilakukan belum mengarah kepada pembentukan koalisi.

"Belum, belum ke arah sana lah. Masih pada hal siapa di internal teman-teman partai yang akan diusung nanti, itu saja. Kalau di kami sudah jelas ya akan mengusung Ketua DPD PKS H. Iip Makmur karena beliu figur yang layak," kata Abdul Rohman.

Ia menyebut, saat ini, PKS Lebak masih menunggu bagaimana arahan keputusan DPP terkait Pilkada 2024. Di Pileg kemarin, PKS memperoleh 5 kursi.

"Menurut saya teman-teman partai lain juga sama ya, masih menunggu. Terkait nanti koalisi dengan siapa, bisa saja (koalisi di Pilpres) berlanjut, tapi kan politik sangat dinamis," katanya.

Baca Juga: 568 Rumah di Lebak Terdampak Cuaca Ekstrem Selama Sepekan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya