Pilkada Tangsel, PKS Gabung Demokrat Usung Putri Wapres 

PKS siap jadi calon wakil wali kota Siti Nur Azizah

Tangerang Selatan, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dipastikan bergabung dengan koalisi yang dibentuk Partai Demokrat. Koalisi ini mengusung Siti Nur Azizah, putri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, sebagai calon wali kota dalam Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel). 

Ketua Departemen Pemenangan Pilkada Wilayah Jabar dan Banten DPP PKS, Budi Prayogo mengatakan, hanya masalah waktu saja bagi PKS untuk masuk dalam gerbong Demokrat. Menurutnya, komunikasi yang dibangun saat ini sudah cukup bagus.

“Saya kira koalisi dengan Demokrat satu hal yang sangat baik. Kita cukup intensif berkomunikasi dengan teman-teman Demokrat. Ini satu sinyal positif yang harus terus berkelanjutan. Termasuk untuk memasangkan ibu Azizah dengan Pak Ruhamaben,” terang Budi Prayogo kepada wartawan, Minggu (31/5).

Baca Juga: Demokrat Resmi Usung Putri Wapres di Pilkada Tangsel

1. PKS siap kadernya hanya jadi waki wali kota

Pilkada Tangsel, PKS Gabung Demokrat Usung Putri Wapres Calon wali kota Tangsel dari PKS, Ruhamaben (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Budi menjelaskan, komposisi Wali kota dan Wakil Wali kota akan dibicarakan lebih lanjut. Yang pasti, menurut Budi Prayogo, Ruhamaben telah direkomendasikan DPP PKS.

Mengenai pasangannya, kata Budi, tergantung kondisi. Bahkan partainya siap jika harus menyodorkan kadernya untuk calon wakil wali kotanya. Terpenting, kata dia, komunikasi dan penguatan di tingkat koalisi yang harus terus dilakukan.

“Ini yang sudah dibicarakan dengan teman-teman koalisi. Jika ini bisa berlanjut, teknisnya seperti apa nanti akan disampaikan,” kata Budi.

2. PKS memang sudah jauh hari membentuk poros dengan Demokrat

Pilkada Tangsel, PKS Gabung Demokrat Usung Putri Wapres Dok. Demokrat Banten

Menurut Anggota Fraksi PKS DPRD Kota Tangsel Mustofa, sedari awal partainya memang sudah membentuk poros dengan Demokrat. Jika saat ini sudah mengerucut koalisi dengan partai berlambang Mercy tersebut, menurut dia, itu hal yang biasa.

Mengenai siapa yang dipasangkan, saat ini masih dalam pembicaraan. Yang pasti Ruhamaben sudah diberikan mandat untuk maju dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kita tidak masalah semisal Pak Ruhamaben menjadi Tangsel dua, andai kata dipasangkan dengan ibu Azizah. Yang pasti kita menyorongan kader untuk menjadi bakal calon wali kota atau wakil wali kota,” kata Mustofa.

Meski demikian, pihaknya masih menunggu keputusan resmi dari DPP PKS. Pusat, imbuh Mustofa,  biasanya mendengarkan pertimbangan dari daerah. Artinya bila memang usulan dari Tangsel sesuai aspirasi kader di bawah, tentunya pusat akan merekomendasi.

3. Demokrat usung putri wapres maju calon wali kota

Pilkada Tangsel, PKS Gabung Demokrat Usung Putri Wapres IDN Times/khaerulbanwar

Sebelumnya, Siti Nur Azizah telah mendapatkan rekomendasi DPP Demokrat untuk maju dalam kontestasi di Kota Tangsel. Azizah mengklaim sudah berkomunikasi dengan sejumlah partai.

“Kita sudah bangun komunikasi dengan PKB, Hanura, PAN, PKS, bahkan sama PDIP. Insya Allah koalisi ini akan segera terbentuk. Doakan ya,” ungkap Azizah.

Baca Juga: Maju Pilkada 2020, Putri Wapres: Tangsel Harus Jadi Kota Kelas Dunia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya