PMI Lebak Krisis Stok Darah Setelah Libur Lebaran

Yuk donor darah buat membantu PMI Lebak

Lebak, IDN Times - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lebak menyebut stok darah di Kabupaten Lebak mulai mengalami krisis pascalibur Lebaran 2024. Kepala UDD PMI Lebak, Firman Rahmatullah mengatakan, stok golongan darah B nyaris tidak ada di setiap UDD Provinsi Banten.

"Dari semenjak H-7 sampai H+7 Lebaran stoknya belum stabil, artinya mengalami krisis. Ya, memang untuk golongan darah ini, terutama krisis di golong darah B. Ini hampir di semua UDD di Provinsi Banten mengalami krisis darah," kata Firman, Sabtu (20/4/2024).

1. Mobil unit donor darah diluncurkan

PMI Lebak Krisis Stok Darah Setelah Libur Lebaranilustrasi donor darah (pexels.com/Kirill Dratsevich)

Untuk mengatasi krisis, lanjut Firman, PMI Lebak melakukan beberapa cara. Satu di antaranya menyiapkan mobil unit donor darah.

"Kami setiap pasien yang puskesmas menuju pasar ke rumah sakit kita ibu untuk tadi mempersiapkan calon donor pengganti. Jadi bilamana keluarga tersebut butuh transfusi, itu sudah tersedia nama calon-calon pendonornya," kata Firman.

2. CFD akan dimanfaatkan untuk menambah stok darah

PMI Lebak Krisis Stok Darah Setelah Libur LebaranCar Free Day di Jakarta (pixabay.com/mufidpwt)

Selain itu, pihaknya juga akan mengoptimalisasi donor darah dalam acara Car Free Day (CFD) setiap akhir pekan, sehingga krisis stok darah bisa teratasi.

"Stok darah yang tersedia saat ini permintaan darurat masih bisa kita penuhi. Kita punya stok dua hari. Tetap kita harus berpacu untuk mengatasi krisis ya," kata dia.

3. Ini stok yang dimiliki PMI Lebak

PMI Lebak Krisis Stok Darah Setelah Libur LebaranIlustrasi donor darah (pexels.com/FRANK MERIÑO)

Diketahui, stok darah yang tersedia di UDD PMI Lebak saat ini 3 kantong darah utuh golongan A, 1 kantong golongan B, 3 kantong golongan AB, dan 6 kantong golongan O. Selain itu tersedia juga 7 trombosit golongan A, 6 kantong golongan B, 5 kantong golongan AB, dan 13 kantong golongan O.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya