Polisi Rapikan Kabel Menjuntai yang Kerap Bikin Macet

Dua orang polisi berjibaku benahi kabel kusut tersebut

Tangerang, IDN Times - Dua anggota Polres Kota Tangerang merapikan kabel jaringan internet atau fiber optik yang menyentuh tanah di Jalan Raya Serang, dekat Pasar Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Kabel internet yang menyeret ke tanah itu menyebabkan kemacetan panjang di ruas jalan arteri dari Kabupaten Tangerang menuju Kabupaten Serang.

Terlebih, lalu lintas jalan tersebut dilalui kendaraan-kendaraan besar menuju kawasan industri dan pergudangan yang ada di sekitar kawasan Kabupaten Tangerang.

Kasat Samapta, Kompol Sutopo Wibowo menjelaskan, proses merapikan kabel internet yang jatuh ke tanah itu merupakan aksi spontan petugas, saat menerima laporan masyarakat terkait kemacetan panjang di depan pasar Cikupa pada Jumat (4/11/2022).

1. Kabel diikat agar kemacetan terurai

Polisi Rapikan Kabel Menjuntai yang Kerap Bikin MacetDok. Polres Tangerang

Dia menjelaskan, dua petugas Aipda Mukti dan Briptu Safrijal--sedang patroli saat menerima laporan dari masyarakat mengenai kemacetan di Pasar Cikupa. Petugas kemudian mengecek penyebab kemacetan tersebut. 

"Setelah dilihat ternyata penyebabnya kabel internet yang jatuh ke tanah," kata Sutopo. Kedua petugas itu pun bergerak cepat dengan mengikat  agar kemacetan kendaraan bisa segera diurai.

Sementara Aipda Mukti mengaku sudah berpikir untuk segera merapikan kabel yang kusut karena kalau menunggu pemilik kabel kan pasti lama. "Sementara antrean kendaraan sudah terlalu panjang, maka saya dan rekan Briptu Safrijal, melakukan tindakan spontan," kata Mukti.

Baca Juga: Truk Tanah di Jalan Prancis Hanya Boleh Beroperasi Hingga Jam 10 Malam

2. Kabel tersebut diikat di atas ketinggian

Polisi Rapikan Kabel Menjuntai yang Kerap Bikin MacetDok. Polres Tangerang

Aipda Mukti, kemudian mengikat kabel yang jatuh ke tanah dengan kabel lain yang ada di udara dengan cara menaiki boks kendaraan truk jumbo, yang melintas. 

"Saya minta tolong ke sopir untuk saya bisa naik ke boks truk, agar saya bisa ikat kabel yang mengganggu kendaraan itu. Kalau pakai tangga, kita engga punya tangga setinggi itu, jadi kendaraan truk yang melintas itu saya tumpangi agar bisa mengikat kabelnya, karena itu cukup tinggi posisi kabel lain," kata dia.

Sementara Aiptu Mukti membereskan kabel, rekannya Briptu Safrijal, mengatur kendaraan sepeda motor agar tetap bisa melintas di sela-sela truk yang dihentikan untuk membantu pengikatan kabel internet yang menjuntai ke tanah.

Baca Juga: Perbaikan Jalan Raya Prancis Tangerang Rampung Tahun Ini

3. Dua polisi merapikan kabel itu selama 15 menit

Polisi Rapikan Kabel Menjuntai yang Kerap Bikin MacetDok. Polres Tangerang

Mukti mengaku berusaha mengikat kabel itu dengan secepat mungkin karena antrean kendaraan sudah mengular. "Saya upayakan ikatan itu kencang, dan mengikatnya dengan cepat, agar kendaraan bisa segera lewat," ucap dia.

Akhirnya setelah kurang lebih 15 menit, kabel yang mengganggu arus lalu lintas kembali ke asalnya menggantung di udara. Dan kendaraan yang ada akhirnya bisa melintasi Jalan Raya Serang, dengan lancar.

"Setelah lancar saya dan Briptu Safrijal lanjut tugas Turjawali, memang itu tugas saya. Saya berharap pemilik kabel-kabel juga memerhatikan kondisi kabelnya, jika mengganggu harusnya cepat dirapikan," kata dia.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya